Rp 11 Miliar DAK Pendidikan Terealisasi

TAIS,Bengkulu Ekspress – Sampai November ini dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan sudah terealisasi atau sudah dibelanjakan sebesar Rp 11 millar lebih.

Dari total DAK yang diterima tahun 2019 ini hampir mencapai Rp 30 miliar Saat inianggaran yang terealisasi sudah dikucurkan ke sekotah, serta digunakan untukmembayar kepada pihak ketiga yang mengerjakan sejumilah pekeriaan fisik menggunakan Dana DAK bidang pendidikan.



“Total dana yang kami terima lebih dari Rp 30 miliar. Kemudian, dibagi untuk sSMP. SD, serta SKB dan PAUD. Sesuai dengan porsinya masing-masing,” tegas Pl Kepala Dinas Pendidikan Mirin Ajib SH MH melalui Kabag Keuangan Hermansyah kepada BE.

Menurutnya, dari total DAK 2019 sebesar Rp 30 miliar. Diperuntukkan bagi bidang peningkatan sarana pendidikan SMP sebesar Rp 8,5 miliar. Kemudian, peningkatan sarana bidang pendidikan SD sebesar Rp 17,8 miliar. Kemudian, untuk SKB dan PAUD sebesar Rp 680 juta.

Bukan itu saja, penerima dana DAK sebesar Rp 30 miliar, Dinas Pendidikan juga menerima dana DAK Afirmasi sebesar Rp 788 juta untuk SMP dan Rp 826 juta untuk SD. Ada dua sumber pendanaan yang diterima untuk peningkatansarana pendidikan tahun 2019 ini.

Anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan buku penunjang, rehab ruang kelas, pembangunan perpustakaan, serta ada pembangunan ruang kelas baru (RKB). Sesuai dengan usulan yang disampaikan sekolah.

“Yang jelas sekolah yang sudah dapat dan rehab tahun 2019 ini sekolah yang belum dapat dana di tahun 2018. Kemudian, pada 2020 dipastikan tidak akan menerima lagi. Karena, sekolah penerima dana rehab harus diverifikasi sesuai dengan kebutuhan, serta sekolah yang dianggap paling layak menerima dan rehab,” tegasnya. (333



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*