Rp 1 M/Kelurahan Belum Diakomodir

RATU SAMBAN, BE – Program satu miliar satu kelurahan (Samisake) yang digadang-gadang  kepala daerah terpilih, Helmi Hasan-Patriana Sosialinda, belum terakomodir dalam APBD 2013.   Pasalnya hingga proses pembahasan di tingkat Kebijakan Umum dan  Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KU PPAS), belum mengakomodir program kepala daerah terpilih itu.
Anggota DPRD yang juga anggota Badan Anggaran DPRD Kota Bengkulu, Nuharman SH menegaskan, untuk memasukkan program kepala daerah terpilih,  harus dilihat dari kemampuan keuangan daerah.  Apakah  memungkinkan untuk mengakomodir anggaran itu atau tidak.
Dari patokan pembahasan pada KU  PPAS yang lama, maka tidak ada membahas tentang program Samisake.  Jika harus dipaksakan masuk dalam APBD 2013, maka diperlukan rasionalisasi kembali  dan  dibahas ulang mulai dari tingkat  komisi-komisi di DPRD Kota Bengkulu.
“Jika program satu miliar satu kelurahan dimasukkan, maka beberapa SKPD yang telah diploting harus ada perubahan dan dibahas ulang oleh komisi yang ada,” katanya.
Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu, Fitriani Badar membenarkan kalau program kepala daerah belum masuk dalam APBD 2013.   Pun begitu, ia berharap program-program itu  bisa direalisasikan dalam APBD 2013,   atau diusulkan pada APBD perubahan mendatang. (247)