Rp 1 Miliar untuk 2 Mobil dan 1 Motor

 Kendaraan Dinas Bengkulu Tengah
Kendaraan Dinas Bengkulu Tengah

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pembelian kendaraan Dinas (kernas) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2018 ini, Pemda melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng akan menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk pembelian kernas.

“Pada tahun ini, Pemda telah menyiapkan dana senilai Rp 1 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng tahun 2018 untuk membeli kernas. Yakni, dua unit mobil double gabin serta 2 unit sepeda motor,” ungkap Kepala BKD Kabupaten Benteng, H. Budiman Efdy W SE SIP M.Si melalui Kabid Aset, Marhalim SE, kemarin (10/1).

Meskipun demikian, Marhalim mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberikan penjelasan secara gamblang peruntukan kendaraan tersebut.

“Untuk siapa, itu belum bisa disampaikan,” singkatnya.

Dari hasil pendataan yang dilakukan, kata Marhalim, tak sedikit pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Benteng belum memiliki kendaraan Dinas. Kendai demikian, keterbatasan anggaran membuat pengadaan kernas tak bisa dilakukan secara sekaligus. Melainkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Saat ini, masih banyak pejabat eselon III yang belum dapat fasilitas mobil dinas. Idealnya, seluruh pejabat eselon III harus sudah menggunakan mobil dinas. Baik Kepala Bidang (Kabid), Kepala Bagian (Kabag) dan Sekretaris Dinas (Sekdin),” tandasnya.

Terpisah, salah seorang Sekretaris Dinas di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengharapkan agar pembagian kernas bisa dilakukan dengan menggunakan prinsip skala prioritas, yakni kepada OPD yang memang memiliki banyak kegiatan operasional.

“Mobnas harus disalurkan kepada pejabat yang benar-benar memerlukan. Sehingga, penggunaanya bisa tepat manfaat dan tepat guna,” ungkap salah seorang Sekdin yang belum mendapatkan Mobnas.(135)