Rooney dan Welbeck, Bawa Inggris Menang 5-0

Weyne Rooney dan Danny  Welbeck  plus satu penggawa Arsenal membawa Inggris melumat tim gurem San Marino lima gol tanpa balas Sabtu (13/10) dini hari WIB.  Poin penuh itu bermakna penting, karena menerbangkan armada Hodgson ke puncak singgasana sementara Grup H Zona Eropa Pra-Piala Dunia Brasil 2014. Inggris mengoleksi tujuh angka dari tiga laga, atau unggul dua poin dari sang runner-up, Montenegro dan Polandia.
Wayne Rooney menjadi kapten Inggris dalam laga penyisihan Grup H Pra-Piala Dunia Brasil 2014 yang dipimpin wasit Mazeika Gediminas di Stadion Wembley. Wazza pun memenuhi janjinya menjadi pemimpin tim Inggris muda.

Bagaimanapun, Inggris layak difavoritkan menang. Selain berlaga di depan puluhan ribu publik sendiri, catatan San Marino terakhir  merasakan kemenangan adalah pada 27 April 2004, kala hanya mampu menang tipis 1-0 atas tim gurem Eropa lainnya, Liechtenstein. Kiper Aldo Simoncini sudah kebobolan 114 gol hanya dalam 28 laga internasionalnya bersama San Marino.

Namun, Inggris harus menunggu hingga lebih dari setengah jam untuk mendulang gol pembukanya. Itu pun setelah Danny Welbeck dilanggar di kotak penalti. Rooney pun berhasil melesakkan bola dari sepakan 12 pas pada menit ke-35.

Dua menit kemudian, giliran Welbeck yang berhasil mengonversi umpan Alex Oxlade-Chamberlain menjadi gol kedua “The St George’s Cross”. Dua gol pemain MU itu pun mengantar menjadi modal Inggris hingga paruh pertama pungkas.

Di babak kedua, Inggris baru menuai gol ketiganya pada menit ke-69. Berbekal umpan Aaron Lennon, bomber kelahiran Liverpool itu melengkungkan bola dan bersarang telak di jala Simoncini. Itu adalah gol ke-31 Rooney bagi Inggris.

Dua menit kemudian, Welbeck lagi-lagi mengikuti suntingan seniornya. Kali ini, umpan rekan seklubnya, Tom Cleverley, berhasil dikonversinya sebagai gol ketiga tim “Tiga Singa”.

Setelah itu, Rooney pun menghabiskan partisipasinya dan digantikan striker West Ham United, Andrew “Andy” Carroll.

Saat waktu normal tinggal 13 menit, Oxlade-Chamberlain menyunting gol perdananya untuk Inggris. Dengan cerdik, gelandang serang “The Gunners” itu melesatkan bola ke tiang jauh yang gagal dihalau Simoncini.

Keunggulan lima gol tanpa balas itu berhasil dipertahankan Inggris hingga peluit panjang.(**)