Rohidin Terima Penghargaan Tingkat Asia


EKO/Bengkulu Ekspress
TERIMA: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menerima silahturahmi Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok, di Kantor Gubernur, Kamis (19/9).

Penghargaan AATSEA Diserahkan November Mendatang di Tiongkok

BENGKULU, Bengkulu Ekspress–Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah menjadi satu-satunya gubernur di Indonesia yang akan mendapatkan penghargaan Association of Agricultural Technology in Southeast Asia (AATSEA) yang akan diserahkan pada bulan November mendatang di Tiongkok.

Rohidin mengatakan, penghargaan itu diberikan atas hasil lomba memberikan pemikiran dalam mem-branding potensi kopi terbaik. “Ya penghargaan itu bulan November nanti akan diterima,” terang Rohidin kepada BE, usai menyambut Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok, di Kantor Gubernur, kemarin (19/9).

Dijelaskannya, dalam pemaparan lomba itu, dirinya langsung memberikan presentasi, mulai dari kepastian lahan kebun kopi. Lalu penyediaan bibit kopi unggul, kemudian cara petik merah sampai pengelolaan pengeringan kopi yang tidak menggunakan cara manual. “Termasuk membuat pabriknya kemudian kita olah panennya dengan perkumpulan masyarakat,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dalam presentasinya yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, gubernur juga menyampaikan konsep komoditas mulai dari kebijakan hulu sampai hilir. Mulai dari merek komoditas hingga perlindungan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM. “Konsep yang diberikan itu, dinilai menjadi riset yang layak untuk dikembangkan dalam rangka meningkatakan kesejahteraan masyarakat,” tutur Rohidin.

Dalam pemberian penghargaan itu, tidak hanya Gubernur Bengkulu, namun ada juga peneliti dan univeristas di berbagai negara di Asia. Langkah tersebut, menurut Rohidin menjadi hal penting untuk mempromosikan kopi Bengkulu ketingkat asia hingga dunia. “Kontes kopi itu juga kita ikut sertakan di Negara Prancis dan Turki,” paparnya.

Namun demikian Rohidin mengatakan, apa yang dilakukan saat ini hanya sebatas racikan awal. Namun bagimana upaya tersebut nantinya bisa secara luas bisa lebih mengenal Bengkulu, melalui potensi kopi yang memiliki kualitas tinggi. “Ikut kontes kopi dunia dan keluar sebagai pemenang tidak hanya jadi tujuan, tapi bagaimana kopi Bengkulu masuk dalam lis kopi yang punya kualitas,” tegas Rohidin.

Sementara itu, atas kehadiran Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok ke Bengkulu itu juga menyerahkan bantuan laptop sebanyak 25 unit. Laptop itu nantinya akan diserahkan kepada sekolah-sekolah yang terkena banjir dan tanah longsor di Bengkulu beberapa bulan lalu. “Nanti akan kita distribusikan di sembilan kabupaten satu kota, mungkin dua unit per kabupaten. Nanti kalau saya ke lapangan saya kasihkan ke salah sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Disisi lain, Wakil Konsul Jendral Republik Rakyat Tiongkok, Wang Jun dalam penerjemahaan bahasa Indonesia mengatakan, Tiongkok sering menemukan harga kopi yang cukup mahal. Selain itu, faktor cuaca di negara asia itu juga mendukung untuk masyarakat mengonsumsi kopi.

Sehingga komoditas kopi ini sangat menjanjikan, dirinya pun berencana akan melakukan kerjasama baik terhadap Provinsi Bengkulu. “Saya mulai berkerja di Indonesia pada bulan Juli tahun lalu, selama ini saya sangat ingin mengunjungi Bengkulu karena tempatnya sangat indah. Semoga kerjasama antara Bengkulu dan Tiongkok berjalan dengan baik, dan semoga hubungan persahabatan kita terus bertambah erat untuk memakmurkan kehidupan rakyat,” tutup Wang Jun. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*