Rohidin-Rosjonsyah Sejahterakan Petani dengan Program Bantuan Alsintan Tepat Sasaran

Foto IST/ BE – Calon Gubernur dan wakil gubernur Bengkulu nomor urut 2 Rohidin-Rosjonsyah saat kampanye di Desa Srikaton Pondok Kelapa Bengkulu Tengah, Jumat (6/10)

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Calon Gubernur dan wakil gubernur Bengkulu nomor urut 2 Rohidin-Rosjonyah berjanji akan
meningkatkan kesejahteraan petani. Selain hilirisasi industri, pembenahan jalur distribusi pasar, dan penggiringan ekspor melalui gerbang Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu, bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) bagi petani juga akan dilanjutkan.

“Bantuan alsintan kita lanjutkan, tapi tidak melulu handtraktor. Karena menyesuaikan lahan dan kebutuhan petani, bisa power threaser, water sprayer, cultivator, mesin air dan lain sebagainya, agar produktivitas petani meningkat dan hasil pertanian berkualitas,” kata Rohidin di Desa Srikaton Pondok Kelapa Bengkulu Tengah, Jumat (6/10)

Rohidin menjelaskan program bantuan akan dikolaborasikan dengan pemda setempat. Dengan tujuan terjadi kesinambungan dak tak ada tumpang tindih kebijakan. Diterangkannya, pemprov merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat.

“Koordinasi kunci penting agar kolaborasi program untuk pertanian benar-benar tercapai khususnya kesejahteraan para petani,” ungkapnya.

Petahana Gubernur Bengkulu itu mengungkapkan, program bantuan sejatinya tidaklah sulit. Namun, harus diiringi kebijakan jangka panjang dan manfaatnya bisa dirasakan seluruh petani sebagai produsen komoditas unggulan di Provinsi Bengkulu.

“Ketepatan program dan sasaran juga harus dianalisa secara baik, karena pertanian di Bengkulu tak hanya satu macam saja komoditasnya. Termasuk penyelenggaraannya, saya kira sudah tidak jaman lagi dilakukan asal-asalan,” tegasnya.

Rohidin menambahkan, program integrasi pertanian dengan UMKM agar hasil pertanian juga memiliki nilai tambah. Infrastruktur sarana pertanian seperti irigasi, jalan sentra produksi juga terus digenjot agar pertanian di Bengkulu terus berkembang dan petani lebih sejahtera.(HBN/rls)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*