Rohidin: Partisipasi Pemilih Sangat Tinggi

RIO/Bengkulu EkspressPANTAU PEMILU: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Komisioner KPU Provinsi Bengkulu dan FKPD meninjau sejumlah TPS di Kota Bengkulu, Rabu (17/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah bersama Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Supratman, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu Irwan Saputra SAg, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya menggelar pemantuan dibeberapa titik tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bengkulu.

Pantauan yang digelar mulai pukul 09.00 WIB itu untuk memastikan, proses pemilihan umum (pemilu) berjalan lancar. Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Supratman mengatakan, proses pemilihan di TPS rata-rata berjalan aman, tanpa ada kendala apapun. “Bengkulu aman tidak ada masalah,” terang Kapolda kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (17/4).

Dijelaskannya, tidak hanya di Kota Bengkulu, proses pemilu di TPS yang ada disemua wilayah Provinsi Bengkulu juga aman. Bahkan antusias masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya juga sangat besar sekali. “Dari laporan setiap Kapolres bye phone tadi, tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi. Ini artinya animo masyarakat sangat bagus,” paparnya.

Tidak hanya itu, terkait informasi operasi tangkap tangan (OTT) salah satu tim calon legislatif (caleg) yang terjadi di media sosial, telah ditindaklanjuti bersama pihak terkait. Atas pembuktianya, masih dilakukan indentifikasi terlebih dahulu. Meski demikian, masyarakat tetap diminta untuk tidak terpancing dan terprovokasi. “Masyarakat Bengkulu semuanya cerdas, tidak mudah dikicu,” tegas Supratman.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, hasil pemantuan bersama, memang diketahui tidak ada kendala apapun dilapangan. Bahkan antusias masyarakat juga tinggi sekali untuk menggunakan hak suaranya. Hal ini membuktikan, bahwa penyelenggara pemilu telah sukses melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Antusias masyarakat datang ke TPS itu tinggi sekali. Pesta demokrasi tahun ini bagus sakali,” ungkap Rohidin.

Dalam menggunakan hak suaranya, masyarakat sebagai pemilu juga tetap antri dengan tertib disetiap TPS. Rata-rata hak suaranya digunakan pada pemilu tahun ini. Termasuk keamanan dari semua pihak juga berjalan. “Sangat kondusif sekali. Hampir tidak ada kendala,” terangnya.

Untuk diketahui, Gubernur bersama Forkopimda ini melakukan pemantuan dimulai dari Gedung Daerah Bengkulu. Rombongan bergerak melaksanakan pemantauan dengan rute perjalanan dari Gedung Daerah – Pasar Baru – Pintu Batu – Kampung Bali -Rawa Makmur – Simpang Skip – Tanah Patah serta di KM 8 yang berakhir pada pukul 12.00 siang. Beberapa TPS yang dikunjungi, meliputi TPS 02 Anggut Atas, berlokasi di halaman SDN 09, TPS 02 Kelurahan Pintu Batu, TPS 04 Kampung Bali, berlokasi di depan Komplek Perumahan BI Perwakilan Bengkulu, TPS 01 Rawa Makmur, berlokasi di samping Toko Indah Jaya serta TPS 02 Jalan Gedang yang berlokasi di depan Pom Bensin KM 8 Kota Bengkulu. (151)