Rohidin Optimis KEK Mampu Genjot Investasi

Rohidin Mersyah

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Gubrrnur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah optimis bahwa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sedang digagas saat ini di kawasan Pelabuhan Pelindo ll Pulau Baai Bengkulu dapat menggenjot investor untuk berinvestasi di Provinsi Bengkulu. Hal itu guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bengkulu.

Rohidin mengatakan, pada dasarnya KEK saat ini tetap berjalan. Apalagi ini pasti akan terhubung dengan tol dan rel kereta akan semakin memperkuat posisi daya saing kawasan Pulau Baai Bengkulu untuk menjadi tujuan investasi.

“Dengan mendorong pengembangan tol dan rel kereta kemudian di pengembangan bandara, ketiga infrastruktur strategis nasional ini justru membuat daya saing kawasan pulau Baai itu menjadi lebih baik untuk kawasan tujuan investasi,” ungkap Rohidin kepada Bengkuluekspress.com, Kamis (12/3).

Karena, lanjut mantan Wabup BS itu, tadi Pelindo itu masih ada keraguan, takut jika nanti dilaunching akan ada investasi atau tidak. Maka selalu ditegaskan dengan mempersiapkan infrastrukturnya dulu investasi akan datang dengan sendirinya.

“Dalam situasi sekarang kita melihat bahwa indikator itu selalu ada perubahan yang lebih baik. Ternyata investor masuk ke Bengkulu itu angka kan selalu meningkat. Ini kan sebuah pencapaian yang saya kira membuat kita percaya diri bahwa daerah ini untuk potensial. Ayo kita benahi sistem perizinan kita koneksitas kan infrastrukturnya nanti orang akan melihat sendiri,” pungkas alumnus IPB itu.

Sementara itu, General Manager Pelindo ll Pulau Baai Bengkulu Silo Santoso mengatakan, untuk KEK saat ini sedang di follow up hasil studi dari direksi PT Pelindo. Rencananya nanti akan di informasi lebih lanjut dan direksi akan cek perkembangan lebih lanjut.

“Untuk posisi terakhirnya cabang kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari direksi untuk layak atau tidaknya,” jelasnya.

Ditambahkan Silo, untuk investor yang datang sudah banyak berkoordinasi. Termasuk yang terakhir kemarin investor dari Australia dan Korea.

“Kita juga masih menunggu lebih lanjut, kemudian juga kita udah tawarkan kepada pihak investor lain untuk bisa pengembangan dan meramaikan dikawasan pulau Baai,” tutupnya.( HBN)