Rohidin Nilai Kualitas SDM PNS Baik, Reskan Malah Kurang

KOTA MANNA, BE – Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Dr drh Rohidin Mersyah MMA yang memastikan maju sebagai calon Bupati pada Pilkada BS mendatang, mengungkapkan dirinya siap membangun BS agar lebih maju lagi jika nantinya dipercaya warga BS untuk menjadi Bupati BS periode lima tahun mendatang.
Untuk itu, langkah awal yang akan digelar dengan melakukan reformasi birokrasi. Dirinya menilai jika semua sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Pemda BS sudah berkualitas, hanya saja penempatan saja yang salah. Ditambah lagi seringnya mutasi membuat kinerja pemerintahan lamban.
“Saya akan menggelar mutasi seperti menteri yakni lima tahun sekali,” katanya saat penyampaian visi dan misi bakal calon bupati Partai persatuan pembanguan (PPP) di Hotel Ayu, Kelurahan Kota Medan, Kota Manna, Senin (23/2).
Dikatakan Rohidin, setelah dirinya menjabat bupati nanti, sebelum mutasi, dirinya akan mencari pejabat yang berkualitas untuk mengisi jabatan yang tepat. Dengan begitu pejabat itu nantinya wajib memiliki program unggulan dalam jangka lima tahun.
“Semoga nantinya partai politik mengamanahkan perahunya kepada saya untuk maju Pilkada dan saya pastikan visi –misi tu nanti akan saya terapkan, BS pun akan semakin maju,” ujar Rohidin.
Sementara itu, Bupati BS, H Reskan E Awaludin SE yang juga bakal calon Bupati yang melamar di PPP, saat penyampaian visi dan misi, akan melanjutkan pembangunan yang sudah ada. Menurutnya lambannya pembangunan selama ini lantaran SDM yang rendah, untuk itu perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan agar SDM nya berkualitas.
“Saya akan melanjutkan pembangunan yang selama ini sudah saya lakukan, jika pembangunan selama ini agak lamban, itu karena kualitas SDM kurang. Kedepannya akan kami lakukan pelatihan dan pembinaan,” terangnya.
Adapun Balon lainnya yakni Ramlan Saim melihat, saat ini BS sudah tertinggal dari kabupaten lain. Bahkan BS sangat bergantung dengan pemerintah pusat. Sebab pendapatan asli daerah (PAD) sangat minim.
Sebab itu, ke depannya dia pun akan melakukan reformasi birokrasi dengan menempatkan pejabat sesuai dengan skill dan kemampuannya. Sehingga pejabat yang ditempatkan dalam hal penggalian sektor PAD dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada, agar PAD meningkat dan kesejahteraan warga pun semakin membaik,
“Saya melihat banyak potensi PAD yang belum digali, seperti Sungai Air Manna yang sangat cocok untuk pembangkit tenaga listrik. Begitu juga dengan potensi lainnya, saya akan maksimalkan semua potensi yang ada untuk menggenjot PAD agar semakin meningkat,” terang Ramlan.
Sedangkan Ketua DPD PPP BS, Irihadi mengungkapkan, dalam visi misi balon kada kemarin, ada lima balon bupati yang menyampaikan visi dan misi, yakni Rohidin, Reskan, Ramlan Saim dan Jani Hairin yang merupakan Ketua DPW PPP Provinsi Bengkulu.
Sedangkan H Aprizal Zupi terlambat hadir, namun dipenghujung acara tetap menyampaikan visi dan misi. Dalam acara tersebut, pihaknya juga mengundang semua pengurus PDC kecamatan yakni ketua dan sekretaris untukk menilai siapa-siapa calon yang layak diusung PPP.
“Dua terbaik hasil penyampaian visi dan misi ini, akan kami sampaikan ke DPP, dan DPP-lah yang akan memutuskan siapa calon yang akan diusung PPP. Namun yang jelas kami akan mengusung calon yang bersungguh-sungguh untuk membangun BS dan juga mencintai PPP,” terang Irihadi. (369)