Rohidin: Jaga Nilai dan Energi Selama Ramadan

Rio/Bengkulu EkspressOPEN HOUSE: Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah dan istri menyalami masyarakat dalam open house di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu yang digelar hari pertama lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Rabu (5/6) Lalu.

Jamu masyarakat dengan Pesta Makanan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Hari pertama lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah menggelar open house di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, open house kali ini sedikit berbeda.

Pasalnya, masyarakat yang datang ke Open House tidak hanya bersalamanan dan berfoto bersama dengan gubernur dan keluarga. Tapi juga mendapatkan sajian berbagai makanan lengkap dan melipah. Beraneka makanan dan minuman itu disajikan pada satu ruangan khusus tepat di ruangan tengah Gedung Daerah. Meja besar di posisi tengah terhampar minuman dan aneka jenis buah, lengkap hiasan khas lebaran idul fitri. Posisi ruangan bagian pinggir berdapat berbagai makanan berat dan ringan, seperti nasi lengkap dengan semua menu khas Bengkulu.

Termasuk ada sate, batagor, pempek, somai, lemang tapai, aneka roti khas bumi rafflesia. Tak ketinggal pendap dan tempuyak menjadi menu makanan pelengkap suasa lebaran di rumah dinas orang nomor satu di Provinsi Bengkulu tersebut.



“Kami sangat puas bisa datang bersilahturahmi dengan gubernur, termasuk bisa mencicip berbagai makanan yang sudah disiapkan,” ujar salah satu warga Kebun Kenanga Kota Bengkulu, Marlena (32) kepada Bengkulu Ekspress, Rabu (5/6) lalu.

Menurutnya, dalam open house dengan gubernur tersebut memang tidak ada pembatasan. Siapapun baik itu masyarakat biasa, maupun pejabat daerah bisa masuk leluasa untuk bersalamanan dengan gubernur. Bahkan untuk urusan makanan, tidak hanya disiapkan di ruang tengah saja, tapi di ruangan teras depan gedung daerah juga siapkan.

Termasuk disisi kanan gedung daerah, juga terpasang tenda dan berbagai makanan dan minuman yang bebas dimakan siapapun masyarakat yang datang. “Memang tidak ada batasan masuk, sama dengan tahun-tahun sebelumnya juga boleh masuk,” paparnya.

Selain masyarakat berberapa pejabat dan kepala daerah hadir dalam open house tersebut. Seperti, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman, Danrem 041 Gamas Bengkulu Kolonel Inf Dwi Wahyudi, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat, Walikota Bengkulu Helmi Hasan beserta Wakil Walikota Dedy Wahyudi, Bupati Bengkulu Tengah Fery Ramli beserta wakil, Bupati Bengkulu Utara Mian, Bupati Seluma Bundra Jaya, Instansi Vertikal dan beberapa pejabat lain juga hadir untuk meramapikan open house orang nomor satu di Provinsi Bengkulu tersebut.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, open house tahun ini memang tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, inti dari open house ini untuk lebih mendekatkan diri hubungan silahturahmi antara kepala daerah dengan masyarakatnya beserta para pejabatnya. “Dengan open house ini, kita bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat,” ujar Rohidin.

Disamping itu, Rohidin mengatakan, dengan berakhirnya ramadan tahun ini, hendaknya semua umat muslim bisa terus menjaga nilai dan energi ramadan. Baik menjaga semangat keikhlasan, ketulusan dan semangat untuk beribadah. Hal tersebut bisa terus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. “Dengan berakhirnya ramadan ini jangan sampai kebiasaan baik nilai – nilai energi ramadan itu berlalu begitu saja,” tambahnya.

Menurut Rohidin, ramadan mengajarkan untuk menyatukan kekuatan dalam bingkai silaturahmi pada lebaran idul fitri. Hal tersebut tidak lain dengan tujuan mulia untuk membangun Bengkulu untuk lebih baik lagi. “Pererat terus tali silaturahmi, saling mengunjungi, saling memaafkan itu saya kira budaya yang sudah sangat mentradisi dan itu betul – betul akan menguatkan rasa kekeluargaan diantara kita,” tegas Rohidin.

Tidak hanya open house untuk masyarakat umum saja yang digelar, gubernur juga akan melaksanakan halal bihalal yang akan dilaksanakan pada hari pertama masuk kerja hari ini (10/6). Hal itu dilakukan, untuk mempererat tali silaturahmi bersama pejabat daerah untuk bersama – sama sinergi membangun Provinsi Bengkulu.

“Secara formal di jajaran pemerintahan kita akan melaksanakan yang namanya halal bihalal itu pada hari pertama masuk kerja yang kita harapkan nanti bupati/walikota, seluruh FKPD, OPD – OPD, instansi vertikal, saya kira harus bersatu membangun sebuah komunikasi, termasuk kawan – kawan media,” ungkapnya.

Dalam rangkaian labaran idul fitri, gubernur bersama istri dan jajaran di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu sebelumnya, melakukan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, di Halaman Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu.

Setelah salat id dan open house selesai digelar, gubernur bersama istri melanjutkan silahturahminya untuk mendatangi beberapa sesepuh di Provinsi Bengkulu. Seperti Gubernur Bengkulu periode 1989 – 1994 A Razie Jachya, Istri dari Adjis Ahmad Gubernur Bengkulu Periode 1994 – 1999, Wakil Gubernur Bengkulu Periode 1996 – 2001 Iskandar Ramis, serta Wakil Gubernur Bengkulu Periode 2005 – 2010 M Syamlan.

Sekda Ikut Open House

Tidak hanya gubernur, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti SE MT juga menggelar open house di rumah dinasnya di KM 9 Kota Bengkulu. Dalam kesempatan itu, Nopian mengatakan, pelaksanaan Open House ini menjadi ajang silaturahmi seluruh jajaran Pejabat dan ASN terhadap seluruh lapisan masyarakat Bengkulu, khususnya masyarakat sekitar Rumah Dinas Sekda Provinsi Bengkulu. “Tidak lain untuk mempererat silahturahmi antar sesama,” ujar Nopian.

Menurut Nopia, dengan jalinan silaturahmi dengan saling mema’afkan antara sesame umat islam. Diharapkan hati dan fikirankembali bersih, sehingga bisa melaksanakan aktifitas penuh semangat dan selalu dalam ridho Allah SWT.
“Dengan Idul Fitri semoga kualitas iman kita, kinerja kita semakin baik dan meningkat. Ini momentum bagi kita untuk saling mema’afkan dan semoga kebersamaan kita lebih kokoh dan kuat lagi,” pungkasnya.

Terlihat hadir, Danrem 041/ Gamas Bengkulu Kolonel Inf Dwi Wahyudi, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) M. Andri Wahyu Sudrajat, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bengkulu serta tokoh agama dan tokoh masyararakat. (151)