Rohidin Daftar Semua Parpol

RIO/Bengkulu Ekspress
PETAHANA: Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah yang juga menjabat Gubernur Bengkulu mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon Gubernur Bengkulu Partai Golkar Pilkada serentak 2020 di Sekretariat DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Selasa (15/10).

Legowo Jika Tak Diusung

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memastikan akan mendaftar ke semua partai politik (Parpol) yang membuka penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur. “Kita akan daftar kesemua parpol,” terang Rohidin Mersyah usai mengambil formulir pendaftaran di DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, kemarin (15/10).saat ini dirinya sudah mendaftar secara resmi ke satu parpol yaitu PDI Perjuangan. Sementara ke Gerindra, Hanura, Nasdem dan Golkar sudah mengambil formulir pendaftaran.

Termasuk parpol yang yang sudah membuka penjaringan, seperti PAN dan PKS akan mendaftar dalam waktu dekat.”Peluang itu sama,” ungkapnya.Rohidin mengatakan akan mengambil sendiri formulir pendaftaran penjaringan. Begitupun dengan pendaftaran nantinya, juga akan dilakukan secara sendiri.

Hal itu dilakukan, sebagai bentuk keseriusan dirinya maju melalui jalur parpol. “Saya usahakan bisa ambil sendiri formulir pendaftaran. Jika tidak bisa, saya wakilkan. Tapi tetap saya usahakan bisa ambil sendiri,” ujarnya.Terlepas nantinya, akan diusung ataupun tidak dengan parpol yang telah membuka penjaringan, Rohidin mengatakan, tetap akan legowo.



Termasuk jika nantinya ada parpol yang hanya menyatakan diri sebagai pendukung maju dirinya sebagai balon gubernur. “Semua menjadi keputusan parpol. Prinsipnya, apapun itu keputusan kita legowo,” tambah Rohidin. Sementara itu, Ketua Penjaringan Balon Kada DPD Golkar Provinsi Bengkulu, Fretindo mengatakan, sejauh ini yang sudah mengambil formulir ada sebanyak 6 balon gubernur dan satu balon wakil gubernur. Yaitu, Rohidin Mersyah, Ahmad Hijazi, Rosjansyah, Agsurin M Najamudin, Patrice Rio Capela dan Dadang Mishal. “Pengambilan formulir pendaftaran masih kita buka sampai tanggal 19 Oktober mendatang,” terang Fretindo.

Sementara untuk penyerahaan berkas pendaftaran, akan dimulai pada 20 Oktober mendatang, sampai tanggal 26 Oktober mendatang. Dalam pengembalian berkas itu, balon gubernur maupun wakil gubernur wajib mengembalikan sendiri tanpa harus diwakilkan. “Pengembalian berkas, tidak boleh diwakilkan. Kita mulai tanggal 20 Oktober mendatang,” tegasnya.

PKS Mulai Buka Penjaringan

Disisi lain, DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Bengkulu juga sudah resmi membuka penjaringan Balon Kada, untuk Pilkada serentak 2020 mendatang.Penjaringan Balon Kada dilaksanakan di 8 kabupaten dan 1 provinsi secara serentak. “Penjaringan ini terbuka secara umum dan seluas-luasnya dan kita akan memperlakukan sama bagi setiap Balon Kada yang mendaftar. Kami tidak akan membeda-bedakan antara kader internal dan kader eksternal,” terang Ketua DPW PKS Provinsi Bengkulu, Sujono.

Pendaftaran Balon Kada itu dibuka dari 15 Oktober sampai 30 Oktober mendatang. Dalam jangka waktu itu, Balon Kada harus mengambil formulir pendaftaran dan mengembalikan formulir. “Kalau sudah tutup ya tutup, tidak akan buka lagi. Karena setelah pendaftaran, kami akan melakukan agenda lainnya. Seperti pendalaman visi dan misi Balon Kada serta melaksanakan rapat penentuan Balon Kada yang akan diusung meliputi DPW, DSW, dan DPTW,” paparnya.

Meski ada 2 wilayah kabupaten yang tidak memiliki kursi di DPRD, yakni Kabupaten Lebong dan Bengkulu Selatan. Tetapi PKS pasti akan menentukan sikap politiknya mendukung salah satu kandidat Balon Kada. “Balon Kada yang diserahkan ke DPP itu sudah berpasangan meskipun ketika mendaftar Balon Kada tidak mendaftar berpasangan. Balon Kada yang kita teruskan ke DPP, sekitar 2 sampai 3 pasang. Tahapan dari Tim Pemenangan Pilkada Wilayah (TPPW), sebelum akhir tahun ini ditargetkan sudah ada Balon Kada yang diusung,” tutup Sujono.(151)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*