RL Tujuan EKKM

3CURUP, BE – Kabupaten Rejang Lebong menjadi salah satu kunjungan Tim Ekspedisi Kemanusiaan Kelompok Marjinal (EKKM) 2014 Kementerian Sosial Republik Indonesia. Hari ini, Senin (03/02) tim EKKM akan menggelar kegiatan berupa pengobatan gratis, pemasangan kaki palsu, pembangian kata mata kepada lansia, serta penyerahan dipa dekon kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu di lapangan Pesantren Muftahul Jannah Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang.
Kepala Biro Humas Kementerian Sosial Benny Setia Nugraha kepada wartawan, Minggu (02/02) menjelaskan, kegiatan ini akan dihadiri langsung Sekjen Kemensos Totok Utomo Budisantoso serta unsur pemeritah daerah terkait. Kabupaten Rejang Lebong menjadi tujuan etape ke VI setelah sebelumnya Muarobungo, Jambi pada etape V, Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) Etape IV, Rumbai Riau Etape III, Deli Sumatera Utara (Sumut) Etape II, dan mulai Idi Raya, Aceh Timur di Etape I. “Kegiatan ini merupakan merupan pra kondisi agar kegiatan sosial yang dicanangkan pemerintah pusat nantinya tepat sasaran dan tepat guna. Setelah program ini akan dilanjutkan dengan safari bakti bekerjasama dengan TNI AL mengunjungi pulau terpencil di Indonesia,” katanya.
Benny menambahkan, kunjungan tim EKKM nantinya akan dilanjutkan hingga etape ke enam belas, melewati Palembang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat hingga terakhir ke Nusa Tenggara Timur. “Perjalan tim ekspesi memang senagaja melewati jalur darat, untuk mengetahui persis kondisi wilayah yang dilewati,” tuturnya.
Sementara itu, Minggu (02/02) dilakukan sosialisasi melibatkan pemerintah desa, kecamatan di Aula Kantor Kecamatan Selupu Rejang. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bambang Irawan, Kepala Bagian Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos RI Joko Irianto, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Bengkulu Hartono dan Sekretaris Camat Selupu Rejang. (999)