RL Terima Program Optimasi Lahan

Asisten II Pemkab RL saat mendampingi Kadis TPHP Provinsi Bengkulu saat survei potensi cetak sawah baru di Kecamatan Bermani Ulu belum lama ini.

CURUP, bengkuluekspress.com – Dalam mensukseskan program ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu, tahun 2021 ini Kabupaten Rejang Lebong mendapat bantuan program optimasi lahan atau cetak sawah baru. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT menyebutkan, program optimasi lahan atau cetak sawah baru tersebut merupakan program dari Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu.

“Dalam program cetak sawah baru dari Provinsi Bengkulu ini, beberapa waktu lalu kita sudah melakukan survei bersama pihak Provinsi Bengkulu yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu,” terang Zulkarnain.

Dijelaskan Zulkarnain, salah satu lokasi survei untuk kegiatan cetak sawah baru tersebut ada di Kecamatan Bermani Ulu yaitu di tiga desa yang dilewati aliran Sungai Air Pikat yaitu mulai dari Desa Air Pikat, Desa Tebat Tenong Dalam dan Desa Tebat Pulau. Dimana menurutnya di lokasi tersebut potensi untuk optimasi lahan atau cetak sawah baru tersebut mencapai 300 hektare.

“Dari survei di Bermani Ulu kemarin, dari penghitungan sementara di kawasan tersebut, potensinya mencapai 300 hektare,” paparnya.

Dari survei yang dilakukan tersebut, menurut Zulkarnain lokasinya memang sangat potensial dan memenuhi syarat untuk dilakukan kegiatan cetak sawah baru. Karena menurutnya untuk dilakukan cetak sawah baru sendiri ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari harus ada sumber air, kemudian lahan yang digunakan tidak ada masalah atau dalam sengketa, kemudian tidak ada proses ganti rugi serta ada petani yang akan menggarapnya.

Khusus untuk sumber air menurut, Zulkarnain sangat melimpah karena berada di pinggiran aliran Sungai Air Pikat sehingga menurutnya tinggal menunggu pembangunan sarana pendukungnya lagi yaitu saluran irigasi. Selain itu pemerintah tiga desa tersebut juga sangat mendukung program tersebut, karena dalam survei yang dilakukan tersebut dihadiri langsung oleh tiga kepala desanya.

“Program cetak sawah baru ini merupakan usulan dari Bupati Rejang Lebong dengan melihat potensi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” paparnya. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*