RL Terbaik dalam Penganan Covid-19

Syamsir SKM MKM

CURUP, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu telah melakukan evaluasi terhadap penanganan Covid-19 di tahun 2021 ini. Dari evaluasi selama triwulan ke-1 tahun 2021 ini penanganan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong menjadi terbaik di Provinsi Bengkulu.

“Alhamdulillah untuk testing Covid-19 di Rejang Lebong di triwulan pertama tahun 2021 ini terbaik satu di Provinsi Bengkulu,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Syamsir SKM MKM, Kamis (10/6) kemarin.

Dijelaskan Syamsir, apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurutnya tidak lepas dari gerak cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam penanganan Covid-19 terutama untuk pemeriksaan setiap adanya indikasi terkonfirmasi Covid-19. Hal tersebut menurutnya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, karena bila hasil tesnya positif, maka warga tersebut akan dilakukan isolasi sehingga tidak menyebarkan kepada yang lain.

“Sebenarnya tak hanya testing saja yang sudah berjalan baik di Rejang Lebong ini, namun juga tracing dan treatment juga sudah kita lakukan dengan baik,” tambah Syamsir.

Dijelaskan Syamsir untuk tracing sendiri, upaya yang dilakukan yaitu setiap ada kasus baru pihaknya langsung melakukan penelusuran kontaknya sehingga tidak menimbulkan klaster baru atau penyebaran yang lebih luas. Kemudian untuk treatment yang mereka lakukan salah satunya saat ini di Kabupaten Rejang Lebong sudah memiliki rumah isolasi di 156 desa dan kelurahan. Sehingga menurutnya penanganan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sudah sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

Di sisi lain, Syamsir juga mengungkapkan tak hanya terbaik satu dalam testing Covid-19, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga mendapat terbaik ketiga terkait dengan penanganan vaksinasi.

“Selain terbaik dalam hal penganan Covid-19, kita juga mendapat dua penghargaan dari dua program kesehatan lainnya,” papar Syamsir.

Dua penghargaan dari program kesehatan lainnya itu masing-masing terbaik pertama untuk program layanan berbasis komitmen di BPJS Kesehatan dan kegiatan Program Prolanis Terpadu.

Keberhasilan Kabupaten Rejang Lebong mendapat empat penghargaan bidang kesehatan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu ditriwulan pertama tahun 2021 ini sendiri, menurut Syamsir tidak terlepas dari kerjasama tim yang dibangun dengan komunikasi yang efektif. Syamsir berharap apa yang telah dicapai oleh Kabupaten Rejang Lebong tersebut bisa terus mereka pertahankan sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat Rejang Lebong ke depannya semakin baik. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*