RL Penyumbang Kemiskinan Tertinggi

rohidin plt gubernur bengkulu
Foto : IST

CURUP, Bengkulu Ekspress – Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengungkapkan ada empat kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menyumbang kemiskinan tertinggi. Keempat kabupaten penyumbang kemiskinan tertinggi di Bengkulu tersebut adalah Kabupaten Rejang Lebong, Kaur, Bengkulu Selatan dan Seluma. Hal ini disampaikan Plt Gubernur Bengkulu, saat membuka lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), di gedung Diklat Danau Mas Harun Bastari, Selasa (18/7) kemarin.

Dijelaskan Rohidin, keempat kabupaten tersebut menjadi penyumbang kemiskinan tertinggi di Provinsi Bengkulu, karena persentase kemiskinan diempat kabupaten tersebut masih tinggi yaitu masih diatas 20 persen. Karena keempat kabupaten tersebut persentasenya masih tinggi, maka membuat persentase kemiskinan di Bengkulu masih tinggi dan di atas rata-rata nasional.



“Karena keempatnya masih tinggi, sehingga membuat persentase Bengkulu secara keseluruhan masih tinggi bahkan di atas rata-rata nasional,” terang Plt Gubernur.

Plt Gubernur mengaku, keempat kabupaten tersebut seharusnya persentase kemiskinannya lebih rendah dari daerah lainnya. Karena menurutnya, di Provinsi Bengkulu keempat kabupaten tersebut justru memiliki potensi yang lebih luas dan banyak dibandingkan dengan kabupaten lain termasuk dengan Bengkulu Tengah yang menurut Plt Gubernur persentase kemiskinannya hanya 8 persen.

Dalam mengatasi masalah kemiskinan tersebut, menurut Plt Gubernur pemerintah Provinsi Bengkulu harus bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk membuat masyarakatnya sejahtera. Dimana menurut gubernur indikator kesejahteraan di tingkat masyarakat tersebut ada tiga macam yaitu sehat, berpendidikan dan mempunyai daya beli.

“Maka langkah pertama yang bisa kita lakukan yaitu memperbaiki kesejahteraan skala rumah tangga dulu, bila hal tersebut bisa kita lakukan maka saya yakin angka kemiskinan di Bengkulu ini akan menurun minimal diangka 13 sampai 14 persen,” sampai Plt Gubernur.

Oleh karena itu, Plt Gubernur mengajak pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu untuk menyamakan program, selain itu ia juga meminta peran serta PKK dalam menangani kesejahteraan keluarga ini. Karena menurut Gubernur PKK memiliki peran yang sangat strategis dalam menciptkana keluarga yang sejahtera melalui sejumlah programnya.”Indikator sejahtera itu ada tiga tadi yaitu, sehat, berpendidikan dan punya daya beli, oleh karena itu dalam menyusun program PKK harus mengarahkan ke tiga indikator tersebut,” pinta Plt Gubernur.(251)