RL Kembali Dapat Kube Pedesaan

Foto : IST

CURUP, bengkuluekspress.com – Pada tahun 2020 mendatang, Kabupaten Rejang Lebong kembali akan mendapat bantuan dalam bentuk program Kelompok Usaha Bersama (Kube) sebagaimana yang diterima tahun ini. Program ini dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Effendi SE MM mengungkapkan, pada tahun 2020 bantuan Kube yang akan diterima Kabupaten Rejang Lebong berupa Kube Pedesaan. Dimana jumlah kelompok yang akan menerima program Kube pedesaan tahun 2020 mendatang mencapai 80 kelompok.

“Alhamdulillah tahun 2020 kita kembali mendapat bantuan melalui program Kube yaitu dari dana APBN untuk Kube Pedesaan sebanyak 80 kelompok,” jelas Zulfan saat dikonfirmasi Kamis (28/11) kemarin.

Jumlah kelompok yang menerima bantuan Kube Pedesaan ditahun 2020 tersebut meningkat dari tahun 2019 ini. Karena untuk tahun 2019 ini jumlah kelompok penerima Kube pedesaan tersebut hanya 40 kelompok. Kube Pedesaan tahu 2020 tersebut, menurut Zulfan rencananya akan mereka pusatkan di dua kecamatan yang belum pernah mendapat program Kube yaitu Kecamatan Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran.

Sementara itu, untuk bantuan program Kube Perkotaan pada tahun 2020 mendatang, Zulfan mengaku hingga kemarin belum mendapat informasi apakah Rejang Lebong akan kembali mendapat program Kube Perkotaan atau tidaknya. Sementara pada tahun 2019 ini Rejang Lebong mendapat bantuan untuk 50 kelompok Kube Perkotaan. “Untuk tahun 2020, Kube Perkotaan kita belum mendapat informasi, namun kita berharap ditahun 2020 mendatang kita kembali mendapat bantuan Kube Perkotaan,” harapnya,” papar Zulfan.

Dalam bantuan program Kube ini, menurut Zulfan satu kelompok beranggotakan 10 orang, dimana setiap anggota kelompok akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta. Dana tersebut sendiri akan digunakan untuk membangun usaha seperti membuka warung, peternakan dan lainnya. “Dengan program Kube ini, pemerintah ingin mengajak masyarakat kita untuk mandiri dan meningkatkan perekonomian mereka, karena dengan Kube ini mereka akan diajak untuk menjadi wirausaha,” papar Zulfan.

Menurut Zulfan, meskipun bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai, namun menurutnya dalam pelaksanaannya para penerima bantuan mendapat pendampingan untuk memastikan bahwa uang yang diberikan tersebut benar-benar mereka gunakan untuk membangun usaha. (251)