RKPD 2022, Harapkan Program Prioritas Unggulan BS

PIMPIN : Bupati BS memimpin forum konsultasi publik RKPD tahun 2022 di aula Bappeda dan Litbang BS, Kamis (4/3).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Pemda Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) saat ini menggelar forum konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022. Kegiatan tersebut digelar di aula Badan Perencanaan Daerah (Bapeda-Litbang), Kamis (4/3).

“Ini untuk rencana awal RKPD 2022,” kata Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM.

Dikatakan Gusnan, konsultasi publik tersebut merupakan forum dalam rangka menjaring masukan-masukan dari berbagai pihak dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD sebelum disampaikan dalam musrenbang RKPD, untuk selanjutnya disusun menjadi rancangan akhir RKPD dan ditetapkan.

“Adanya kegiatan konsultasi publik ini, disamping untuk melaksanakan amanat peraturan Perundang-undangan, juga sebagai wadah untuk membahas kebijakan dan prioritas pembangunan di BS,” ujarnya.

Dijelaskan Gusnan, dengan adanya masukan dan saran dari berbagai pihak dalam konsultasi publik penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2022, diharapkan program dan kegiatan yang direncanakan tepat sasaran sesuai dengan RPJMD Kabupaten Bengkulu Selatan yang saat ini masih dalam proses penyusunan. Sehingga dapat dijadikan sebagai momentum yang strategis untuk penekanan pada program unggulan prioritas pembangunan daerah tahun 2022. Terlebih lagi saat ini masih merebaknya pandemic covid-19. Sehingga mampu mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis pada tahun 2022.

“Semoga dari hasil kegiatan ini melahirkan program -program prioritas unggulan di tahun 2022 mendatang,” harap Gusnan.

Kepala Bappeda dan Litbang BS, Sukarni SP MSi mengatakan, kegiatan tersebut dipimpin Bupati BS dengan diikuti Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Bengkulu Selatan. Dikatakannya, forum konsultasi publik rancangan awal RKPD merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 tahun 2017 pada Pasal 80 yang menyebutkan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan serta saran penyempurnaan.

“Ini baru tahap awal, semoga nantinya melahirkan program- program strategis daerah, sehingga BS ke depan semakin maju,” ujar Sukarni. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*