Riri: Pers Cerdaskan Masyarakat

Foto Riri Damayanti John Latief

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Puncak peringatan Hari Pers Nasional 2019 di Surabaya, Jawa Timur sukses digelar.  Anggota Komite I DPD RI, Hj Riri Damayanti John Latief memberikan ucapan secara khusus untuk menyambut Hari Pers Nasional tersebut.

“Pers sangat berperan dalam membantu mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui penyabarluasan informasi dan menciptakan opini positif dalam menunjang pembangunan. Saya memberikan apresiasi atas kinerja teman-teman pers Bengkulu yang selama ini sangat membantu dalam memberikan informasi mengenai aspirasi warga masyarakat mengenai berbagai hal,” ujar Riri, kemarin (8/2).

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini memiliki optimisme pers di Bengkulu akan semakin matang, bijak, berkualitas, profesional dalam menyajikan informasi serta dapat menjaga kepekaan terhadap apa yang terjadi di tengah-tengah warga masyarakat.

“Perkembangan teknologi digital saat ini telah membuat masyarakat semakin mudah untuk memperoleh informasi. Tapi tetap harus taat etika. Saya yakin pers di Bengkulu punya semangat inovasi yang bagus namun tetap menjaga profesionalismenya dalam bekerja sehingga dapat terus memperbesar sumbangsihnya untuk kemajuan Bengkulu,” terangnya.



Kakak Pembina Duta Generasi Berencana BKKBN Provinsi Bengkulu ini juga percaya ketika pers mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk hal-hal yang bersifat positif dan produktif, pers dapat menjadi sumber kebangkitan kaum millenial.

“Era revolusi digital sudah di depan mata. Kalau kemajuan teknologi informasi tidak mampu dikendalikan, saya khawatir nanti milenial bukannya bangkit, tapi malah terpuruk karena mengkonsumsi berita bohong, berita fitnah dan lain-lain. Saya yakin tantangan ini dapat dijawab oleh pers di Bengkulu,” harap Riri. Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengingatkan betapa masa depan bangsa sangat bergantung pada generasi millennial. Riri Damayanti mengungkapkan catatan KPU, ada sekitar 70 hingga 80 juta pemilih muda.

“Besarnya pengaruh suara pemilih muda sangat menentukan calon pemimpin dan masa depan Bangsa Indonesia. Di sini peran pers sangat dibutuhkan untuk mengajak pemilih millenial menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 dan memberikan perspektif yang benar mengenai calon pemimpin dan masa depan Bangsa Indonesia,” tutup Riri. Pada tahun 2019 ini, Hari Pers Nasional mengangkat tema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”. Penyelenggaraan HPN tahun ini dimotori oleh PWI sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Organisasi pers lain yang ikut serta yakni Dewan Pers, Serikat Perusahaan Pers (SPS), Serikat Grafika Pers (SGP), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*