Riri Dorong Ekonomi Kreatif

RIRI
Riri Damayanti John Latieff

Diprediksi Cerah 5 Tahun ke Depan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Anggota Komite III DPD RI, Riri Damayanti John Latief memprediksikan sektor ekonomi kreatif akan terus tumbuh di Bengkulu dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Menurutnya, sektor ini secara efektif dapat mendorong terciptanya lowongan kerja baru.

Ketua Bidang Tenaga Kerja, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini memaparkan, tren generasi millenial saat ini terus mendorong permintaan layanan jasa baru yang dihasilkan melalui industri kreatif.

“Banyaknya festival-festival dan dijadikannya sektor pariwisata sebagai sektor unggulan saat ini akan meningkatkan permintaan untuk fashion, seni, kerajinan, dan kuliner. Pemerintah wajib mengawal agar ekonomi kreatif dapat berkembang di Bengkulu,” kata Riri kepada jurnalis.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini mengungkapkan, ekonomi kreatif di Bengkulu memerlukan manajerial dan teknologi mutakhir untuk dapat berkembang.

“Pemerintah perlu dan penting untuk senantiasa memberikan ruang bagi produk-produk ekonomi kreatif untuk menciptakan inovasi-inovasi kreatif dan memecahkan masalah-masalahnya dengan kreatif. Saya kira Pemerintah Daerah di Bengkulu sudah menjalankan peran ini dengan baik,” ungkap Riri.

Yang tak kalah penting, lanjut Ketua Umum Pemuda Jang Pat Petulai ini, penggunaan smart media dengan dukungan internet masuk desa dan memecahkan permasalahan kawasan yang belum tersentuh sinyal seluler.

“Ini belum termasuk dengan keterbatasan sumber daya manusia, regulasi-regulasi yang menguntungkan pelaku ekonomi kreatif, aturan perpajakan, hingga pendanaan dan akses permodalan. Ini PR kita bersama yang akan kita benahi ke depannya,” demikian Senator Riri.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Bengkulu baru saja menggelar Festival Bumi Rafflesia yang salah satu tujuannya adalah untuk memasarkan produk-produk ekonomi kreatif di Bengkulu.
Sebentar lagi, Pemerintah Provinsi Bengkulu juga akan menggelar Festival Tabut yang juga memiliki peluang besar untuk memasarkan produk-produk ekonomi kreatif.
Untuk diketahui, DPD RI dibentuk dengan visi memperjuangkan aspirasi daerah untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mencapai visi tersebut, Komite III DPD RI memiliki lingkup tugas untuk menjalankan fungsi legislasi dan pengawasan, khususnya dengan memperhatikan urusan daerah dan masyarakat bidang pendidikan, agama, kebudayaan, kesehatan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga serta beberapa bidang lainnya. (151)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*