Riri Damayanti Jhon Latief SPSi

Muda, Energik dan Kreatif

tt UntitledMUDA, energik dan kreatif, melekat pada sosok Riri Damayanti Jhon Latief SPSi. Perempuan kelahiran Bengkulu, 4 Februari 1990 ini telah bertekad mengabdikan diri untuk masyarakat, bangsa dan negara. Usianya cukup muda, masih 23 tahun. Namun kiprahnya sebagai aktifis pemuda, aktifis perempuan, dan politisi hingga pemimpin organisasi ternama sedang ia lakoni. Jiwa aktifisme yang bersemayam pada sosok Riri, mulai menggeliat sejak ia duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama pada tahun 2003. Jiwa sosialnya saat itu ikut tumbuh seiring karir yang ditempuh oleh ibunya sebagai politisi senior. Sejak 2009, ia menghabiskan waktu bersama ibunya untuk berkeliling melihat kenyataan yang dialami oleh warga Bengkulu, menyerap aspirasi warga, memberikan bantuan kepada yang membutuhkan dan menghadiri pertemuan-pertemuan.
Tak jarang buah hati dari H Jhon Latief dan Hj Leni Haryati SE MM ini tampil sebagai pembicara. Dengan ketajaman lidahnya, ia menyampaikan visi-misinya dengan fasih, menunjukkan kesiapannya untuk tampil sebagai politisi muda di kancah politik nasional.
Ketika Riri duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2008, Riri telah tampil menonjol diantara teman-temannya. Tak sedikit prestasi berhasil diraih oleh anak pertama dari tiga bersaudara ini. Sosoknya yang senantiasa tampil bersahaja, namun selalu bersikap tegas terhadap apa yang menurutnya baik membuat ia disukai oleh banyak kalangan.
Karenanya banyak suku adat di Bengkulu yang memberikan gelar kesukuan bagi Riri. Salah satunya yang diberikan oleh Sadri, Ketua Adat Kecamatan Pematang Tigo, Bengkulu Tengah. Pada tanggal 9 Juni lalu, Riri didaulat sebagai Anak Suku Adat Tiang Empat. Pada kesempatan berikutnya warga Mukomuko juga telah bersiap untuk mendaulatnya dengan gelar yang sepadan itu. Ini membuktikan bahwa Riri telah menjadi ‘Anak Kandung Warga Bengkulu’.

Calon Senator
Saat ini Riri tengah aktif bergiat dalam wadah-wadah organisasi. Ia tergabung didalam Barescue Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Bengkulu, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kota Bengkulu dan Bengkulu Hijabers Community. Banyaknya dukungan dan desakan yang datang baik dari warga Bengkulu maupun dari keluarga agar Riri tampil kedalam kancah pemilihan umum 2014, membuat Riri mengambil keputusan berani maju sebagai kandidat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Bengkulu. Setelah namanya muncul, dukungan terhadap Riri semakin meluas. Mulai dari kalangan anak muda, akademisi hingga tokoh masyarakat mendukung tekadnya tersebut. “Karakter Riri yang selalu bersemangat, pengalaman orangtuanya sebagai tokoh yang disegani dan usianya yang masih sangat belia, menjadikan Riri sebagai kandidat DPD RI yang potensial terpilih,” kata pengajar Ilmu Sosial Politik Universitas Bengkulu Lamhir Syam Sinaga.
Dukungan lainnya juga terlihat dari besarnya antusias masyarakat atas pencalonannya. Saat melakukan pendaftaran di KPU pada 22 April 2013 yang silam, ratusan orang ikut serta mengantarkannya. Demikian juga dengan poling dukungan yang ia peroleh di dua media ternama menempatkan Riri di posisi teratas sebagai peraih dukungan terbesar. Semua itu menunjukkan ribuan orang meninginkan Riri Damayanti terpilih menjadi anggota DPD RI periode 2014-2019.

Siap Berjuang
Riri Damayanti Jhon Latief (1)Riri telah mendeklarasikan keinginannya untuk mengabdikan hidupnya bagi kepentingan masyarakat. Karenanya saat terpilih nanti, besar keinginan Riri untuk memperjuangkan pembangunan provinsi Bengkulu di kancah nasional. “Selain akan berjuang sesuai dengan kewenangan sebagai anggota DPD, saya juga akan memberikan motivasi kepada masyarakat Bengkulu, khususnya kaum muda. Karena sudah saatnya kaum muda yang membangun, selaras dengan kemampuan dan keahlian apapun yang kita miliki,” ujar Riri Damayanti saat diwawancarai, dirumahnya.
Dengan komitmen tersebut, alumni Universitas Indonesia (UI) ini yakin mampu berjuang dan mengabdikan untuk kepentingan masyarakat dan Provinsi Bengkulu. Dan tentunya bisa mempengaruhi kebijakan ditingkat nasional untuk memberikan perhatian penuh kepada daerah.
Di bagian, lain  Ketua Tim pendukung Riri, Abdusy Syakir SH mengatakan  majunya Riri sebagai salah satu senator akan menjadi pilihan masyarakat. Karena Riri sendiri merupakan salah satu calon dari kalangan anak muda yang berkompeten. “Riri sudah teruji dan track recordnya pun sangat bagus, hal ini tidak terlepas dari ibunya, Leny John Latief yang merupakan politisi senior yang  sudah berpengalaman,” ungkap Abdusy Syakir.
Riri Damayanti Jhon Latief (3)Menurutnya, sosok Riri Damayanti sebagai sosok yang cantik, muda dan cerdas. Diharapkan nantinya bisa melakukan terobosan-terobosan untuk membangun daerah, dan memperjuangkan aspirasi rakyat. “Dia mempunyai jiwa dan semangat juang yang tinggi, dan ini akan direalisasikannya jika telah duduk di Senayan,” pungkasnya.(Rudi)