Rio Kembalikan Mandat Ketum Nasdem

PatriciaRioCapellaJAKARTA, BE – Seperti diberitakan dan diduga-duga sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, resmi mengembalikan mandat jabatan ketua umum partai kepada pendiri Nasdem, Surya Paloh. Hal itu dilakukan Rio di tengah pidato membuka Kongres Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, Jumat malam (25/1).

“Saya kembalikan mandat kepada Surya Paloh sebagai pemberi mandat,” ucapnya mantap.
Kongres yang akan digelar dua hari ini dihadiri 497 DPD dan 33 DPW. Kongres dihadiri pendiri Nasdem, Surya Paloh, dan mantan Wapres RI yang disebut sebagai Sahabat Nasdem, Jusuf Kalla. Juga dihadiri putri proklamator RI Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri, yang masuk ke dalam barisan petingggi partai.

Pernyataan Rio yang berapi-api itu disambut sorak sorai gembira dari ribuan kader dari 497 DPD dan 33 DPW. Surya Paloh disebutnya sebagai tokoh utama yang memberi suppport berupa tenaga, pikiran, bahkan uang dari sejak berdirinya partai sampai saat ini.

“Saya minta semua berdiri beri tepuk tangan untuk Surya Paloh,” seru Rio dari mimbar pidato yang langsung dipatuhi ribuan kadernya.
Dia yakin, kepemimpinan Surya paloh akan berikan kemenangan dan kejayaan bagi Partai Nasdem. Pun begitu dia bangga, atas kerja keras semua kadernya, Partai Nasdem dikukuhkan sebagai satu-satunya partai baru yang ikut pemilu dengan nomor urut 1.

“Ini awal perjalanan baru rakyat menuju restorasi Indonesia. Ini semakin menguatkan tekad untuk memenangkan Partai Nasdem,” tegasnya.

Partai Nasdem, tegasnya, didirikan bukan untuk sekadar jadi parpol, bukan sekadar mengikuti pemilu, bukan untuk sekadar lolos masuk DPR. Tapi, didirikan untuk memenangkan pemilu 2014.

“Dengan hanya memenangkan pemilu maka perubahan bangsa bisa diwujudkan. Parpol ini sarat idealisme, bukan sekadar kata, jargon, atau etalase politik semata, tapi dipenuhi militansi dan jerih payah tanpa lelah. Satu-satunya parpol baru yang mengelola perubahan untuk menuju Indonesia baru,” urainya.

Di ujung pidatonya, Patrice mengajak seluruh kader meneriakkan slogan khas Nasdem yang selalu diucapkannya dari mimbar pidato, yaitu “agar yang tidak murni terbakar mati”. Seruan itu dilontarkan tiga kali oleh ribuan kader di bawah komandonya.
Sebelumnya Rio menegaskan kongres Nasdem memiliki 3 agenda. Dan yang terpenting dari ketiganya adalah menetapkan Surya Paloh menjadi Ketua Umum Partai NasDem.

Namun pengukuhan Surya Paloh sebagai ketua umum tidak otomatis bos Media Group itu juga dikukuhkan sebagai calon presiden (capres) dari NasDem. “Kalau Presiden kita belum bahas. Kita akan bahas serius ketika pemilu legislatif (pileg) sudah kita selesaikan. Saat ini kami masih fokus pada pembicaraan tahapan menjelang pileg,” paparnya.(**)