Riko Kandidat Kuat Ketua DPRD

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Menyisakan waktu sekitar sebulan lagi menjelang pelantikan anggota DPRD Kabupaten Benteng terpilih. Nama-nama unsur pimpinan dewan sudah diusulkan Partai Politik. Partai Nasional Demokrat sebagai peraih suara terbanyak dalam Pilleg 2019 di Benteng telah mengusukkan dua nama sebagai calon ketua DPRD Benteng yang baru, yakni Riko Zarian Saputra dan Zenrodi SE. Dari dua nama ini informasinya Riko sebagai kandidat kuat yang bakal terpilih.

Ketika dikonfirmasi Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Benteng Fahrurozi, masih enggan memberikan penjelasan secara gamblang.Sebab, usulan nama Ketua DPRD Kabupaten Benteng baru disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Bengkulu dan belum disampaikan ke DPP. Meski begitu, dia menuturkan kandidat yang diusulkan Riko Zarian Saputra dan Zenrodi SE yang merupakan wajah baru di DPRD Kabupaten Benteng.

“Usulan Ketua DPRD Kabupaten Benteng sudah disampaikan ke DPW. Dua nama sudah diusulkan untuk diteruskan ke DPP,” kata Fahrurozi.

Lebih lanjut, Rozi mengungkapkan, DPD hanya sebatas menyampaikan usulan dan menunggu keputusan DPP.”Siapapun yang menjadi ketua, itu merupakan kewenangan DPP,” tandasnyaBeberapa pertimbangan ketua DPRD lebih condong dijagokan pada Riko, melihat posisi Riko yang memang sudah menduduki kursi unsur pimpinan pada periode sebelumnya. Yakni, sebagai Wakil Ketua (Waka) I. Selain itu, Riko juga merupakan salah satu kader yang diamanahkan menjabat Ketua DPD Partai Nasdem di Kabupaten Benteng.

Diketahui Pilleg 2019 berhasil dimenangkan Partai Nasional Demokrasi (Nasdem). Dengan demikian, anggota DPRD Kabupaten Benteng dari Pastai Nasdem berhak menduduki kursi ketua DPRD Kabupaten Benteng periode 2019-2024.Informasi yang berhasil diperoleh, Riko Zarian Saputra SE merupakan kandidat kuat yang bakal menjadi pemegang palu saat rapat paripurna nantinya.

Selain posisi Ketua DPRD, posisi para Waka juga belum final. Yaitu, Waka I dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Waka II berasal dari anggota DPRD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).Ketua DPC PDIP Kabupaten Benteng, Feri Haryadi SSos menyampaikan, pihaknya sudah mengajukan 3 (tiga) nama kandidat Waka I ke DPP PDIP. Ketiganya itu dirinya sendiri, Ibnu Hajar dan pendatang baru Fajar Eka Putra. “Usulan nama calon Waka I sudah disampaikan ke DPP. Insya Allah, akhir bulan Agustus 2019 ini sudah ditentukan. Sebab, saat pelantikan nama-nama unsur pimpinan sudah tertera,” demikian Feri.(135)