Rifai, Diana dan Hadiar Bacawabup BS

Susman Hadi SP MM

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Tiga partai politik (parpol) pengusung pasangan Dirwan-Gusnan (DG) pada Pilkada Bengkulu Selatan (BS) 2015 lalu sudah menentukan jagoan masing-masing yang akan bersaing untuk menjadi Wakil Bupati BS pendamping Gusnan Mulyadi masa masa jabatan berakhir Februari 2017.

Ketua DPD Partai Golkar BS, Susman Hadi SP MM mengaku saat ini tiga nama cawabup sudah keluar, yakni dari Golkar atas nama Rifai Tajuddin, PKS atas nama Diana Komena dan PPP atas nama Hadiar Saito. “Masing-masing parpol pengusung sudah menyiapkan satu nama untuk cawabup,” katanya.

Susman mengaku, setelah 3 nama tersebut diputuskan DPP, saat ini ke-3 parpol pengusung membahas ke-3 nama tersebut. Pembahasan itu nanti untuk memutuskan siapa cawabup yang akan diserahkan ke Bupati BS. “Dari 3 nama, kami akan bahas bersama pengurus parpol pengusung lainnya untuk menetapkan dua calon,” ujarnya.



Sebab, dari 3 calon hanya 2 calon saja yang akan diserankan ke Bupati. Sehingga dari 3 calon tersebut dipastikan salah satunya akan tersingkir dari rapat bersama seluruh pengurus parpol tersebut. Setelah itu, Bupati BS akan menyerahkan ke-2 nama yang diserahkan parpol pengusung ke DPRD BS. Lalu DPRD BS akan menggelar sidang paripurna pemungutan suara siapa yang akan ditetapkan menjadi Wabup mendampingi Gusnan.

“ Mudah-mudahan secepatnya hasil rapat kami dapat segera memutuskan dua nama yang akan diserahkan ke Bupati,” ujarnya.

Ketua DPC PPP BS, Hadiar Saito S Sos mengaku dari dua nama yang diusulkan ke DPP beberapa waktu lalu yakni dirinya dan H Milian, ternyata DPP menetapkan namanya yang akan mengikuti pemilihan cawabup BS. “Nama yang akan diusulkan sebagai cawabup dari PPP sudah turun dari DPP saat ini kami bahas bersama parpol pengusung lainnya,” ujarnya.

Hadiar mengaku, dari 3 cawabup tersebut, kemudian akan dipilih dua nama saja untuk kemudian diserahkan ke Bupati. Dirinya optimis dalam waktu dekat, dua nama segera diketahui setelah ke-3 pengurus parpol pengusung duduk bersama. “Insya allah dalam waktu dekat ini dua nama sudah bisa ditentukan, sehingga tidak lama lagi BS segera memiliki Wakil Bupati,” imbuh mantan anggota DPRD BS periode 2009-2014 ini. (369)