Ridwan Mukti atau Sultan?

pilkada_2015 EDIT

BENGKULU, BE – Pertarungan sengit antara pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah dengan Sultan B Najamudin-Mujiono berlangsung dari pagi hingga pukul 13.00 WIB hari ini (9/12) untuk memperebutkan kursi Gubernur Bengkulu. Ini juga ajang pembuktian dukungan partai politik dan jutaan massa yang hadir dalam setiap kampanye kedua pasangan Cagub tersebut sejak dimulainya tahapan Pilkada 3 bulan lalu.

Pertarungan ini merupakan pertarungan ‘hidup dan mati’, karena selain hanya ada 2 pasangan calon, Pilgub yang digelar secara serentak dengan pemilihan kepala daerah lainnya se Indonesia ini juga tidak ada putaran kedua. Siapa yang unggul, walaupun keunggulannya hanya satu suara, dialah yang keluar sebagai pemenangnya.

Untuk diketahui, pasangan nomor urut 1, Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hanura, Nasdem dan PKPI dengan jumlah kursi di DPRD Provisni Bengkulu mencapai 11 kursi. Selain itu, pasangan ini juga didukung oleh partai Golkar, PPP versi Romahurmuziy, Gerindra dan PAN.

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Sultan-Mujiono diusung oleh PDIP dan Demokrat dengan jumlah kursi 13. Tidak hanya itu, pasangan ini juga didukung oleh partai PKS (3 kursi), PPP versi Djan Faridz (3 kursi) dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang tidak memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu.

“Kedua pasangan calon gubernur akan memperebutkan 1.432.452 suara pemilih yang tersebar di 1.513 desa dan 3.496 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto SP MSi kepada BE, kemarin.

Eko pun kembali mengimbau masyarakat untuk memberikan hak pilihnya, sebab, satu suara sangat menentukan masa depan Provinsi Bengkulu ini untuk kurun waktu 5 tahun kedepan.

Bagi masyarakat yang belum mendapat formulir C6 atau undangan untuk memilih, Eko mengaku masih tetap bisa menyalurkan hak pilihnya, cukup dengan memperlihat identitas diri berupa KTP atau SIM atau kartu keluarga ke TPS. Hanya saja waktunya tidak bisa bersamaan dengan pemilih yang mendapatkan undangan, melainkan diakhir pemungutan suara atau 1 jam sebelum pemungutan suara ditutup.

“Untuk pendistribusian semua logistik seperti surat suara dan lainnya, sore ini (kemarin,red) sudah sampai Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di setiap desa atau kelurahan yang langsung didistribusikan ke TPS dengan pengawalan ketat dari anggota kepolisian, Linmas dan pengawas pemilu,” paparnya.

Mantan Ketua KPU Bengkulu Utara ini memastikan sudah tidak ada masalah lagi terkait dengan logistik Pilkada, termasuk di daerah yang sulit terjangkau seperti Kecamatan Enggano, Kaur, Lebong, dan Rejang Lebong. Karena logistik di daerah tersebut sudah didistribusikan sejak H-2 pencoblosan.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Tim Pemenangan Cagub nomor urut 1, Herliardo SAg optimis bahwa pasangan Ridwan-Rohidin akan menoreh kemenangan besar. Sebab, RM dan Rodihin jauh lebih unggul dibandingkan Sultan-Mujiono.

“Tidak bisa dipungkiri, bahwa dari segala hal pasangan nomor satu jauh lebih unggul. Hal itu bisa dilihat dari 3 kali debat kandidat beberapa waktu lalu,” ungkap Herliardo.

Ia mengaku kemenangan itu langsung bisa setelah pemungutan suara selesai, karena para saksi yang sudah disebarkan pihaknya di setiap TPS akan memberikan laporan cepat melalui SMS.

Senada juga disampaikan Ketua Tim Pemenangan Cagub nomor urut 2, Dr Rahimandadi. Ia mengaku bahwa pasangan Sultan-Mujiono lah yang akan keluar sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Tanda-tanda kemenangan itu sudah terlihat jelas, setiap pertemuan puluhan ribu masyarakat hadir ingin memenangkan Sultan-Mujiono.

Bahkan hingga kampanye terakhir 4 Desember kemarin, Sport Center jadi lautan manusia,” ungkapnya.
Selain itu, Rahimandani juga mengaku bahwa hanya Sultan-Mujiono yang layak dipilih, karena Sultan merupakan putra daerah Bengkulu yang diusung oleh yang sedang berkuasa saat ini.

“Masalah jaringan, Sultan-Mujiono tidak perlu diragukan lagi, karena jaringannya tidak hanya nasional, tapi sudah internasional,” pungkasnya.

Tempat Nyoblos

Sementara itu, berdasarkan data pemilih tetap di KPU Provinsi Bengkulu, Cagub nomor urut 1, Ridwan Mukti akan mencoblos di TPS 2 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Sedangkan Wakilnya Rohidin Mersyah akan mencoblos di TPS 41 Kelurahan Lingkar, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

Sementara Cagub Nomor Urut 2, Sultan Bahtiar Najamudin menyoblos di TPS 6, Kecamatan Gading Cempaka Kelurahan Jalan Gedang atau di kediaman orang tuanya. Sedangkan Wakilnya, Mujiono terdaftar di TPS 1 Dusun Baru Pelokan Kecamatan XIV Kota, Kabupaten Mukomuko.(400)

DATA CALON GUBERNUR
1. Dr. H. Ridwan Mukti, MH

TTL : Lubuklinggau, 21 Mei 1963
Agama : Islam
Anak : 8

Pendidikan :
S1 Ekonomi UII Yogyakarta
S2 Ilmu Hukum Unsri Palembang
S3 Program Doktoral Ilmu Hukum Unsri
Pekerjaan:
Bupati Musirawas (2005-2015)
Anggota DPR RI (1999-2005)
Direktur Komersial PT Unindo (1990-1999)
Senior Akuntan PT. CRMIU (1988-1980)
Konsultan Akuntan Manajemen (1986-1988)

2. Sultan Bahtiar Najamudin
TTL : Anggut, 11 Mei 1979
Agama : Islam

Pendidikan:
S1 Ilmu Sosial Politik UI 1999
S2/Profesi Universitas Prof. Dr. Mustopo

Pekerjaan:
Komisaris Asa Karya Group (2009)
Pimpinan Ekbis (2009)
CEO Majalah Healtnews (2009)
Anggota DPD RI (2009-2014)
Wakil Gubernur Bengkulu (2013-2015)

*Sumber: KPU Provinsi Bengkulu