Ribuan Wisatawan Padati Objek Wisata

PINANG BELAPIS, BE- Tiga objek wisata andalan Kabupaten Lebong, yakni Danau Tes di Kecamatan Lebong Selatan, Pemandian Air Panas di Desa Air Putih, Kecamatan Pinang Belapis dan Danau Picung di komplek rumah Dinas Bupati Lebong, menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun luar untuk menikmati masa liburan Idul Fitri 1433 H.
Berdasarkan pantauan di lapangan, banyaknya pengunjung mulai terlihat sejak hari pertama Idul Fitri, Minggu (19/8). Dari Ketiga objek wisata tersebut yang paling banyak dikunjungi yakni Pemandian Air Panas di Desa Air Putih. Di hari kedua Lebaran tercatat sekitar 4000 pengunjung dengan menggunakan 300 mobil dan 1000 sepeda motor. Sedangkan di Danau Tes, keramaian tercatat terjadi di hari ketiga Idul Fitri yakni sekitar 3000 pengunjung, sedangkan keramaian di Danau Picung pun sejak lebaran ke dua telah nampak peningkatan jumlah pengunjung yang mencapai sekitar 1000 pengunjung.
“Hari ini (Senin, 20/8) tercatat masyarakat yang berkunjung ke Air Putih mencapai 4000 orang. Rata-rata pengunjung ini dari kaula muda dan keluarga yang datang dari luar daerah Lebong. Hari ini jumlah pengunjung belum mencapai puncaknya, biasanya puncaknya terjadi pada lebaran ke tiga dimana jumlah pengunjung didominasi oleh pengunjung dari luar daerah Lebong. Sejauh ini belum ada kejadian yang menonjol,” jelas Toto, salah satu petugas pintu masuk objek wisata Air Putih saat diwawancarai wartawan.
Selain itu, dihari ketiga Idul Fitri, Kapolres Lebong AKBP Drs Supriadi bersama Wakapolres Kompol Agus Desri Sandi SIK MM dan Kasat Lantas Ipda Yus Ade Elisia SH turun langsung untuk memantau situasi di objek Wisata Pemandian Air Panas Air Putih. Saat melakukan pemantauan di lokasi wisata Air Putih, Kapolres menghimbau kepada seluruh pengunjung untuk berhati-hati saat mandi, dan turun ke lokasi wisata, serta selalu menjaga dan mengawasi keluarga masing-masing dari bahaya.
“Alhamdulillah hingga saat ini situasi di objek wisata Air Putih masih aman dan kondusif. Hanya saja saya menghimbau kepada seluruh pengunjung agar selalu berhati-hati saat mandi dan turun tangga, sebab jika tidak berhati-hati kita bisa jatuh apalagi saat ini jumlah pengunjung sangat ramai,” imbau Kapolres.
Burhan (45), salah satu pengunjung asal Pekanbaru saat ditanyai wartawan mengatakan, ia bersama keluarganya mengisi liburan lebaran ini untuk mengunjungi objek wisata pemandian Air Putih di Kabupaten Lebong. “Saya kebetulan tahun ini lebaran di Lebong di rumah mertua saya. Jadi mumpung di Lebong saya bersama keluarga menyempatkan untuk mengunjungi objek wisata air putih sebelum kembali ke Pekanbaru,” kata Burhan. (777)