Ribuan Warga Bengkulu Selatan Pindah

ILUSTRASI PINDAH
Foto : IST

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress– Sepanjang tahun 2018, banyak warga Bengkulu Selatan (BS) yang pindah keluar daerah. Ada yang pindah ke kabupaten lain dalam Provinsi Bengkulu, juga ada yang pindah ke provinsi lain.

“ Sepanjang tahun 2018, lebih dari 5000 warga Bengkulu Selatan yang pindah,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan , Gunawan Suryadi S Sos MSi.

Gunawan mengatakan, sejak Januari 2018, ada 2.681 warga Bengkulu Selatan yang pindah ke Kabupaten lain dalam Provinsi Bengkulu dan ada 2.681 warga Bengkulu Selatan yang pindah ke Provinsi lain. Warga yang pindah tersebut, ada yang ikut pasangannya setelah menikah, ada juga yang pindah tugas bahkan ada yang pindah ke daerah lain demi mencari pekerjaan. “Terbanyak alasan mereka pindah karena hendak mencari pekerjaan di luar Bengkulu Selatan ,” ujarnya.

Gunawan menambahkan, paska idul fitri ini sudah 35 warga Bengkulu Selatan yang pindah. Mereka lulusan sekolah di Bengkulu Selatan . Mereka kebanyakan hendak merantau ke pulau jawa mencari pekerjaan. “ Paska idul fitri ini saja, banyak lulusan SMA yang datang ke Dukcapil membuat surat keterangan pindah, mereka sepertinya mau mengadu nasib di pulau jawa,” imbuh Gunawan.

Gunawan menjelaskan, dengan banyaknya warga yang pindah alamat ini, akan mempengaruhi jumlah daftar pemilih di Bengkulu Selatan . Hanya saja, dirinya belum bisa memastikan berapa warga yang masuk ke Bengkulu Selatan. Namun paska idul fitri ada 15 warga yang pindah ke Bengkulu Selatan .

“Kepindahan warga Bengkulu Selatan ini tentu akan mempengaruhi jumlah pemilih di Bengkulu Selatan , namun demikian, diperkirakan jumlah pemilih tidak akan terlalu banyak berkurang,sebab banyak juga pemilih pemula yang usianya masuk 17 tahun,” demikian Gunawan. (369)