Ribuan TPS Berkurang Pada Pilkada 2020


Eko Sugianto

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Ada ribuan pengurangan tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Bengkulu pada pelaksanaan Pilkada serentak 2020 mendatang. Hal itu diterangkan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, SAg MSi. “Ada pengurangan TPS nantinya. Jumlahnya ribuan TPS, dari 6.165 TPS saat Pemilu legislatif lalu, menjadi 4.600 TPS untuk pilkada mendatang,” kata Eko, Rabu (9/10).

Diterangkan Eko, dengan berkurangnya jumlah TPS ini maka berpengaruh pada jumlah anggaran yang mereka usulkan dari Pemilu serentak 17 April 2019 lalu. Untuk biaya Pemilihan Gubernur (Pilgub), KPU Provinsi Bengkulu sudah mengusulkan anggaran ke Pemprov Bengkulu sebesar Rp 130 miliar. Jumlah usulan itu menurun dari usulan sebelumnya sebesar Rp 240 miliar.

“Memang ada penurunan, dan nilai itu sudah kami usulkan lagi. Penurunan anggaran NPHD, itu terjadi lantaran jumlah TPS yang berkurang tadi,” jelasnya.

Dengan pengurangan jumlah TPS dan anggaran penyelenggaran Pilkada, maka honor petugas TPS pada pelaksanaan Pilkada 2020 disesuaikan dengan aturan sebelumnya yakni satu bulan masa kerja.
“Jadi bukan hanya rasionalisasi, tapi memang menghemat sekali dengan anggaran segitu. Intinya begini, kita sesuaikan dengan anggaran yang ada,” ujarnya.(HBN)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*