Ribuan Siswa di Mukomuko Harus Siap Hadapi UN Terakhir

FOTO ENDRI/BE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko menggelar sosialisasi Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran  2019/2020 bagi Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Senin (9/3).

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko menggelar sosialisasi Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran  2019/2020 keapda guru-guru Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kabupaten Mukomuko, Senin (9/3).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, Darsono SPd  dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi dan pelaksanaan UN pada tahun ini merupakan yang terakhir. Karena pada tahun 2021 mendatang  sudah diganti dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter atau pengganti UN.

“Ujian Nasional tahun ini yang terakhir kali karena pada tahun depan sudah melaksanakan asesmen kompetensi minimum dan survey karakter. Namun kita masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kemendikbud,” terang Darsono.

Lanjutnya, untuk sosialisasi UN pada tahun ini baik tingkat SMP/MTs, maupun SMA/MA dan SMK disatukan di satu tempat. Tujuannyanya yakni karena narasumber dari kegiatan ini langsung dari Provinsi yang merupakan Ketua Koordinator UN Provinsi Bengkulu, Wahyu Darma Priatna, SH, MM, MSi.

“Narasumber langsung dari provinsi sehingga lebih pas dan masak nantinya dalam pelaksanaan UN. Jadi para peserta bisa menanyakan hal-hal yang belum diketahui terkait UN ini,” jelas Darsono.

Ditambahkan Darsono, pelaksanaan UN di Kabupaten Mukomuko pada tahun ini khususnya tingkat SMP masih menggunakan dua metode yakni Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Jumlah siswa-siswi yang akan mengikuti ujian nasional baik tingkat SMP dan MTs di Mukomuko ini berjumlah 3.401 orang. “Jumlah peserta UN SMP dan MTs sebanyak 3.401 dengan rincian untuk SMP sebanyak 2.493 siswa dan MTs sebanyak 908 siswa,” katanya.

Asisten I Setdakab Mukomuko, Arif Isnawan berharap agar pelaksanaan ujian nasional (UN) di Kabupaten Mukomuko pada tahun ini bisa berjalan lancar dan sukses tanpa ada kendala. “Semoga UN tahun ini berjalan lancar dan sukses dan hasilnya memuaskan,” harapnya.(End)