Ribuan Maba UMB Ikuti Masta Harus Bangga Kuliah di UMB

UMB
UMB

REWA/Bengkulu Ekspress
Rektor UMB, Dr H Ahmad Dasan SH MA didampingi Wakil Rektor III, Drs Syubli MAg saat melepaskan balon tanda dibukanya Masta Mahasiswa Baru UMB 2018 di kampus IV, Rabu (12/9).

BENGKULU, Begkulu Ekspress – Sebanyak 1.850 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) mengikuti Masa Ta’aruf (Masta) 2018. Ribuan mahasiswa tersebut dituntut bangga bisa kuliah di UMB.
Rektor UMB, Dr H Ahmad Dasan SH MA mengatakan, mahasiswa baru yang telah diterima harus bangga bisa kuliah di UMB karena UMB merupakan salah satu kampus paling elite di Sumatera.

UMB sebagai kampus elit pertama dengan gedung tertinggi berlantai 6 dengan lokasi strategis dan merupakan satu-satunya kampus yang berada diurutan teratas di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Bahkan dosennya juga sudah banyak yang menyandang gelar S3.

“Kalian (mahasiswa) harus mad pada saat membuka kegiatan Masta Maba UMB 2018 di Kampus IV UMB, Rabu (12/9).bangga bisa berkuliah di UMB, karena ini merupakan kampus elite di Sumatera,” kata Ah

Tidak hanya sebagai kampus elite, UMB juga telah banyak menetaskan mahasiswa berprestasi. Bahkan, beberapa mahasiswanya telah mengikuti studi ke luar negeri. Hal tersebut sesuai dengan tema yang selalu digalakkan UMB yaitu “Bersinergi untuk Negeri”.

“Mahasiswa berprestasi selalu kami dukung dengan pemberian beasiswa, pada tahun lalu ada dua orang mahasiswa pertanian melanjutkan pendidikan di Thailand. Selain itu, kami juga berikan beasiswa pada 2018 ini kepada atlet silat berprestasi dari UMB,” imbuh Dasan.



Untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi agar mendapatkan beasiswa, seorang mahasiswa harus bersikap profesional. Setidaknya ada tiga cara yang dapat ditempuh agar mahasiswa bisa menjadi seorang yang professional. Pertama, mahasiswa harus selalu berpikir kritis dan analitis. Kemudian mahasiswa harus mampu memecahkan masalah dan jangan berpikir membuat masalah, dan terakhir mahasiswa harus selalu bekerja maksimal untuk memperoleh hasil yang optimal.

“Mahasiswa ini adalah manusia pilihan, tidak hanya di hadapan seluruh insan, tetapi di kalangan pemuda, kalian berbeda. Baik dengan SLTA ataupun SMP. Bedanya ditingkat pemikiran dan wawasan pengembangannya, sehingga kegiatan masta ini harus diikuti dengan baik,” terang Dasan.

Diketahui, kegiatan Masta UMB 2018 ini akan dilaksanakan selama tiga hari, 12-14 September 2018. Pada hari pertama, mahasiswa akan dikenalkan proses pembelajaran di kampus serta bagaimana proses belajar di UMB. Kemudian dihari kedua, para mahasiswa akan dikenalkan kepada dosennya masing-masing. Hari terakhir, akan diisi dengan kegiatan organisasi mahasiswa (Ormawa).

“Kami berharap, mahasiswa ini bisa mengikuti Masta UMB 2018 dengan baik,” tutupnya. Sementara itu, Ketua Panitia Masta UMB 2018, Imawan Deni Saputra mengatakan, jumlah peserta Masta UMB 2018 terdiri dari 105 orang panitia dan 1.850 orang mahasiswa mulai dari Fakultas Ilmu Kesehatan sebanyak 106 mahasiswa, Fakultas Agama Islam sebanyak 46 mahasiswa, Fakultas Pertanian 145 mahasiswa, Fakultas Teknik 204 mahasiswa, Fakultas Ekonomi 494 mahasiswa, Fakultas Ilmu Politik 138 mahasiswa, Fakultas Hukum 113 mahasiswa, dan FKIP 331 mahasiswa. “Semoga mahasiswa baru UMB bisa mengikuti kegiatan Masta ini dengan kondusif dan lancar,” tutupnya.(999)