Ribuan KTP Diganti

Adnan Kasidi SE
Adnan Kasidi SE

SEMIDANG LAGAN, Bengkulu Ekspress – Proses penggantian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Semidang Lagan Kabupaten Benteng telah berlangsung.Jelang berakhirnya bulan Agustus 2018 ini, sebanyak 1.000 E-KTP telah diganti. Jika selama ini pada E-KTP warga masih tercatat sebagai warga kecamatan induk, saat ini sudah resmi terdaftar sebagai warga Kecamatan Semidang Lagan.

“Hingga hari ini (kemarin,red) sudah ada 1.000 KTP warga Semidang Lagan yang telah tercetak. Semuanya juga sudah kami distibusikan ke masing-masing warga,” ungkap Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Benteng, Adnan Kasidi SE, Rabu (29/8).

Secara keseluruhan, sambung Adnan, warga yang tinggal di 11 desa di Kecamatan Semidang Lagan dan memiliki E-KTP berjumlah sebanyak 4.000 jiwa. Meliputi, warga Desa Kota Niur, Pagar Gunung, Karang Nanding, Padang Siring, Semidang, Pagar Jati, Gajah Mati, Lagan Bungin, Lagan, Taba Lagan dan Desa Bukit.Pencetakan E-KTP barulah bisa dilakukan terkhusus kepada masyarakat yang sudah menyerahkan E-KTP lama. Setelah E-KTP baru dicetak, Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng bisa langsung menggunting E-KTP lama.

“Kendala saat ini adalah banyak masyarakat yang belum menyerahkan E-KTP lama. Hal ini terus kami koordinasikan dengan Pemerintah Desa (Pemdes) masing-masing. Intinya, kalau KTP lama sudah dikembalikan, KTP baru akan langsung kami proses,” jelasnya.

Selain E-KTP, ungkap Adnan, penertiban data kependudukan juga akan dilakukan pada semua kartu keluarga (KK) warga di Kecamatan Semidang Lagan.”Dari total 2.000 KK, sebanyak 1.500 KK warga Kecamatan Semidang Lagan sudah kami lakukan perbaikan,” tutup Adnan.(135)