Ribuan Bibit Mangrove Siap Ditanam

Budi/Bengkulu Ekspress Sebanyak 1.500 bibit pohon mangrove telah tiba di markas Pos A
Budi/Bengkulu Ekspress Sebanyak 1.500 bibit pohon mangrove telah tiba di markas Pos AL Mukomuko dan ribuan bibit tersebut siap ditanam.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bengkulu Letkol (P) Agus Izudin ST, melalui Danpos AL Mukomuko, Peltu Bah Sapto Agus, menyampaikan sebanyak 1.500 bibit pohon mangrove telah tiba di markas Pos AL Mukomuko dan ribuan bibit tersebut siap ditanam.

”Ribuan bibit yang didistribusikan Mako Lanal Bengkulu, sudah tiba hari ini (kemarin) dan telah kita turunkan di halaman markas Pos AL Mukomuko,” ujarnya.

Selanjutnya, bibit yang telah diserahkan Danlanal Bengkulu ke Pemkab Mukomuko dan diterima Sekda Pemkab Mukomuko, beberapa hari lalu itu tinggal dilakukan penanaman. Dalam hal ini TNI AL ikut turun ke lapangan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Pemkab Mukomuko juga melibatkan komunitas pecinta alam dan pihak lainnya. Untuk lokasi penanaman, kata Sapto, dari rencana awal Pemkab Mukomuko akan ditanam di sejumlah titik. Mulai dari di pesisir pantai dan sungai. Terutama di pinggir lokasi yang terancam abrasi dan erosi.

Ia juga menyampaikan dengan penanaman pohon mangrove merupakan tindakan nyata untuk menjaga keseimbangan alam dan melestarikan ekosistem, mencegah abrasi, serta peresapan air laut ke daratan. Penanaman Mangrove juga bertujuan memproteksi, abrasi dan erosi sungai serta menjaga garis pantai agar tetap stabil dan mangrove juga untuk cadangan air, serta menangkal timbulnya erosi sungai serta menangkal timbulnya erosi sungai dan manfaat positif lainnya. (900)