Ribuan Bibit Gratis Siap Disalurkan

SIAPKAN: Bermacam bibit yang sedang disemai di Persemaian Permanen BPDAS Pondok Pusaka yang siap dibagikan ke masyarakat, Selasa (13/7).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Persemaian Permanen Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Bengkulu di Kabupaten Kaur, telah menyiapkan ribuan bibit yang siap dibagikan secara gratis ke petani. Dimana bibit tersebut saat ini sudah siap dibagikan kepada masyarakat terdiri dari bibit kayu jengkol, sengon, Pinang, durian, ketapang dan lainnya.

“Kini ada puluhan ribu bibit yang ada disini semuanya dalam proses penyemaian sebagian siap sudah dibagikan ke petani,” kata Burzian, Kepala Persemaian Permanen Provinsi Bengkulu, Rabu (13/7).

Dikatakan Burzian, Persemaian Permanen Kabupaten Kaur milik Kementerian Kehutanan BPDAS sempat kekalahan memenuhi permintaan bibit dari masyarakat. Dimana pihaknya mencatat ratusan warga mengajukan permintaan bibit mulai dari jengkol hingga jenis lainnya dalam satu tahun terakhir ini.

“Untuk paling banyak permintaan bibit jengkol dan ketapang, beberapa petani bahkan mengajukan permohonan bibit lebih dari satu hektar per orang,” terangnya.

Ditambahkannya, ia mencatat sepanjang tahun 2020 lalu ini setidaknya sudah masuk permohonan pembibitan jengkol hingga 200 hektar, jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 100 hektar saja. Meski demikian tetap tanaman jengkol tak bisa dihitung real, hal ini karena jengkol bisa saja ditumpang sari dengan tanaman lain oleh petani.

Untuk mekanismenya para petani tidak dibebankan apapun untuk pembibitan, sebab untuk bibit sudah dibiayai oleh negara. Akan tetapi prosedurnya petani buat surat diketahui Kades terkait yang berisikan permintaan bibit dan benar benar akan menanamnya dilahannya sendiri. Selanjutnya bila sudah ada bibit akan di berikan gratis.

“Kini permintaan bibit meningkat draktis dan disini tidak ada biaya silakan ajukan proposal dan jika persyaratan sudah lengkap akan kita bagikan secara gratis,” tandasnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*