Ribbon Kosong, Percetakan e-KTP Terhambat

Januar Apriko

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaur, memastikan dalam waktu dekat percetakan kartu tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) belum dapat dilakukan. Hal ini menyusul habisnya kertas ribbon (bahan dasar tinta dan pelapis blangko pencetakan KTP) yang sampai saat ini kosong dan masih menunggu kiriman.

“Ya untuk ribbon percetakan kini memang lagi kosong dan kami kini akan melakukan pinjaman dari kabupaten tetangga, atau provinsi sambil menunggu pengadaan,” kata Kadis Dukcapil Kaur, H. Bahrun Budiman SH MH melalui Sekretaris Januar Apriko M Si, Senin (18/1).

Dikatakan Apriko, untuk Ribbon sendiri mesin ceta KTP-el menggunakan mesin khusus sehingga harus dipesan dengan suplayer, tak bisa digunakan ribbon lain misalnya ribbon Kartu Identitas anak (KIA) atau ribbon lain sehingga tak bisa dilakukan bila mengalami kehabisan stok. Sedangkan mengenai tarif dipastikannya tak ada pungutan dalam pembuatan KTP-el ataupun identitas lainnya.

“Paling satu dua minggu menunggu, blangkonya masih banyak ada 3.000 lebih masih tersedia namun kita kehabisan ribbon. Sedangkan untuk yang lainnya tak ada kendala,” terangnya.

Ditambahkannya, terkait percetakan KTP-el diakuinya beberapa bulan terakhir masih berjalan. Bahkan kehabisan ribbon ini baru terjadi dua hari terakhir. Hanya saja di tengah mewabahnya Covid-19 dan belum dicabutnya status penanganan covid sehingga pihaknya membatasi interaksi dengan warga.

“Untuk pelayanan yang lain pembuatan KK, Akte Kelahiran, akte Kematian dan lainnya tetap berjalan sebagaimana mestinya,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*