Timnas Masuk Grup Maut, Hadapi 3 Raksasa Asia

Ujian mahaberat menanti Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2015. Tidak main-main, skuat Nil Maizar harus bertemu tiga raksasa Asia: Arab Saudi, Cina, dan Irak.

Di atas kertas, Indonesia jadi unggulan terbawah di Grup C ini. Ketiga lawan tangguh Asia ini pun jadi salah satu lawan tersulit di sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Terbukti, skuat Garuda belum pernah memetik sekalipun kemenangan dari ketiga lawan.

Indonesia terakhir kali bertemu Arab Saudi pada sebuah laga uji coba tahun lalu. Saat itu, timnas mampu menahan imbang tanpa gol. Namun sebelumnya, timnas selalu menderita kekalahan atas tim Singa Padang Pasir.

Sedangkan, Cina kerap jadi mimpi buruk Indonesia di ajang internasional. Terakhir kali, timnas harus menantang Cina di kualifikasi Piala Dunia 2002. Di dua laga kualifikasi itu, Indonesia takluk dengan skor 0-2 dan 1-5.

Sementara Irak, yang jadi unggulan utama Grup C, kini merupakan salah satu tim terkuat Asia. Terbukti dengan gelar juara Piala Asia yang mereka rebut 2007 lalu di Jakarta.

Piala Asia 2015 akan berlangsung di Australia. Baru empat tim yang memastikan lolos ke putaran final yakni tuan rumah Australia, juara bertahan Jepang, Korea Selatan, dan juara AFC Challenge, Korea Utara. Sedangkan 12 tim lain harus bersaing lolos di putaran kualifikasi. (**)

Grup A

Jordan
Suriah
Oman
Singapura

Grup B

Iran
Kuwait
Thailand
Libanon

Grup C
Irak
Cina
Arab Saudi
Indonesia

Grup D

Qatar
Bahrain
Yaman
Malaysia

Grup E

Uzbekistan
UEA
Vietnam
Hongkong