Resmi ke barca, Vermaelen Bawa Cedera

033446_255054_vermaelen_barcaBARCELONA – Pergantian kursi pelatih dari Gerardo Martino kepada Luis Enrique memberikan banyak konsekuensi pada Barcelona. Enrique menginginkan perubahan secara radikal pada skuad Barca. Buktinya sudah tersaji di bursa musim transfer. Barca mendatangkan banyak pemain.

Para pemain yang didatangkan lebih banyak untuk mendukung kekuatan lini pertahanan Barca. Selain Luis Suarez yang berposisi penyerang, empat pemain yang direkrut mengisi posisi tengah hingga penjaga gawang. Dua rekrutan terakhir adalah pemain belakang, yaitu Jeremy Mathieu dari Valencia dan Thomas Vermaelen (Arsenal).

Sayangnya, perekrutan dua pemain terakhir menyisakan keraguan dari para Barcelonistas. Mathieu yang berusia 30 tahun disebut sudah terlalu dimakan usia untuk mengawal lini belakang Barca.

Sementara pada Vermaelen, keraguan muncul dari kondisi fisiknya. Riwayat cedera pemain yang dibeli dari Arsenal itu cukup panjang. Dari cedera tendon Achilles pada 2010 hingga yang paling anyar cedera hamstring kanan yang didapatnya saat membela Belgia di Piala Dunia 2014.

Pemain 28 tahun itu diperkenalkan Barca pada publik setelah menyelesaikan semua urusan kontrak pada Minggu (10/8) waktu setempat. Tak berapa lama setelah pengumuman tersebut, kubu tim asal Catalan tersebut memberikan pengumuman susulan. Bukan pengumuman positif, melainkan masalah cedera sang pemain.

“Thomas Vermaelen mengalami cedera pada hamstring kanan saat menjalani Piala Dunia, Juni. Pemain bersangkutan akan menjalani fisioterapi dan perkembangan kondisinya akan terus diperhatikan saat dia kembali berlatih,” ungkap kubu Barca di situs resmi klub dan dilansir Eurosport.

Barca sebelumnya sudah diperingatkan akan riwayat cedera tersebut. Bahkan, masalah cedera mengganggu Vermaelen semusim ke belakang membuat Barcelona melakukan tes medis sebanyak dua kali di rumah sakit yang berbeda, pertama di Rumah Sakit de Barcelona lalu di Clinica de la Creu Blanca. Hasilnya, Vermaelen dianggap lolos dari tes medis dan berlanjut pada penandatanganan kontrak.

Direktur Olahraga Barcelona, Andoni Zubizarreta mengaku tak khawatir terhadap riwayat cedera yang kerap dimiliki oleh rekrutan baru itu. Menurut Zubi, pemain memperkuat Ajax Amsterdam di awal karir profesionalnya itu sudah melewati tes medis sesuai ketentuan dan berada dalam kondisi fisik yang baik.

“Kami sama sekali tak meragukan kondisi fisik Vermaelen. Kami sudah melakukan tes medis dengan prosedur terbaik sebelum memastikan transfer tersebut,” tegas Zubizarreta seperti dikutip Football-Espana.

Cedera demi cedera menghantui Vermaelen sejak memperkuat Arsenal. Beberapa di antaranya cukup parah. Saat mengalami cedera tendon Achilles pada awal musim 2010-2011, Vermaelen sampai harus absen enam bulan. Dua musim terakhir penampilannya di Arsenal dibatasi oleh cedera punggung dan lutut.

Cedera berkepanjangan itu turut berperan dalam tergusurnya posisi pemain 28 tahun itu oleh para pemain lain, yaitu Laurent Koscielny dan Per Mertesacker. Musim lalu, Vermaelen tampil di 21 laga yang 14 di antaranya dilakoni di Premier League.

Karena itu, Vermaelen menganggap petualangan terbarunya di Barca akan menjadi titik balik dari karirnya. Dia optimistis mampu beradaptasi dan mengatasi segala tekanan yang ada di Camp Nou.

“Tekanan pasti selalu ada. Saya bermain untuk Arsenal dan tidak akan ada perbedaan di klub ini (Barcelona). Anda harus memenangi setiap pertandingan dan saya mengerti selalu ada tekanan untuk menunjukkan performa bagus,” kata Vermaelen seperti dirilis Soccerway. (ady)