Resepsi Pernikahan Putri pertama Gubernur Bengkulu

Emas Kawin 100 Gram Emas Mulia, Meriah dengan Nuansa Adat Rejang

prosesi-adat-sebelum-pengantin-memasuki-gedung

Emas kawin 100 gram emas, menjadi syarat sahnya ijab kabul yang diucapkan oleh Adhi Ichsan Hasanuddin Bin H Dadang Ridwan B Hermaen, dalam meminang putri pertama Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH.

Tepat pukul 08.00 WIB, kemarin (18/12) Adhi Ichsan Hasanuddin Bin H Dadang Ridwan B Hermaen telah bersiap menaiki tangga Gedung Daerah Provinsi Bengkulu. Dikawal dengan kedua orang tua ada dan pemuka adat, Adhi pun mulai melangkahkan kakinya keatas tangga teras Gedung Daerah.

Kedua orang tua Rika Fadillah Pridafesty yaitu, Gubernur Bengkulu H Ridwan Mukti bersama Lili Martiani Madari Ridwan Mukti telah bersiap menuggu didepan puntu utama. Setelah sampai, Lili Martiani Madari Ridwan Mukti orang tua pengantin wanita menyambut pangantin pria dengan memasukan kain sarung tiga kali atau iben penaal, ke penganti pria sebagai bukti penyambutan pengantin pria datang.

Pengantin pria dan orang tua serta rombongan adat beranjak masuk ke ruangan yang akan dijadikan sebagai tempat Ijab kabul anak dan menantu gubernur itu.

Proses akad nikah dengan adat rejang sangat kental sekali. Sebelum ijab kabul dimulai, proses penyerahan parutan kelapa, gula merah dan sajian air kelapan diberikan sebagai tanda kehadiran penganti pria sudah sampai dengan selamat.

Balas tanya makan daun sirih sebagai tanda terimakasih dari pengantin pria. Usia melaksanakan ritual adat rejang itu, proses ijab kabul pun dilakukan.

Ridwan Mukti sebagai wali pernikahan telah siap duduk tepat didepan penganti pria. Penghulu dari Kanwil Agama Provinsi Bengkulu, juga telah melihat saksi dari pengantin telah disiapkan. Dimana saksi pengantin pria Ketua DPD RI M Saleh dan mantan Ketua MK Mahfud MD sebagai saksi pengantin perempuan.

Emas kawin beruapa 100 gram emas juga telah disiapkan oleh pengantin pria. Berlahan namun tegas Ridwan Mukti sebagai wali mengucapkan syarat menikahkan putri pertamanya. Lantang dan tegas pun disaut langsung oleh Adhi Ichsan Hasanuddin dengan satu kali pekatakan pernikahan.

“Sahhhh” kata kedua saksi usai mendengarkan ucapan pernikahan dari pengantin pria. Dengan kata sah itu, Adhi Ichsan Hasanuddin pun resmi menyandang sebagai menantu pertama Gubernur Bengkulu. Wajah gembira terpancar pada kedua pengantin dan orang tua. Salawat nabi yang mengiringi, membuat susana haru bercampur gembira dirasakan oleh keluarga besar Gubernur Bengkulu ini.

“Alhamdulilah prosesi ijab kabul dan pernikah berjalan dengan lancar,” ungkap mantan Ketua MK Mahfud MD sebagai saksi pengantin perempuan, kepada BE, kemarin.

Usai proses ijab kabul, ternyata proses adat rejang belum usai. Dimana pengantin pria dan wanita pun dipertemukan untuk manari bersama. Didampingi oleh penari lain, Adhi dan Rika terus berupa semangat mengikuti tarian rejang itu. Selepas itu, penyambutan pencak silat rejang pun ditunjukan oleh anak-anak, sebelum kedua pengantin manaiki pelaminan. “Alhamdulilah acara akad nikah sampai dengan resepsi berjalan dengan lancar,” terang Ridwan Mukti.

Tamu undangan dari pejabat tinggi negara sampai dengan pejabat daerah dan masyarakat pun hadir. Terlihat seperti Menteri Perdagangan Air Langga Hartato, Ketua Makamah Konstitusi (MK) H Arief Hidayat, Kepala BPKP Pusat Ardan Adi Perdana, Ketua Ombudsman RI H Amsulian Rifal, DPR RI Malkan Aminanggota.

Hadir juga mantan Ketua MK Hamdan Zulva, Walikota Lubuk Linggau H Sulaiman Kohar, Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwati, mantan Pangkostrad Burhanuddin Amin, mantan Mentri PP dan PA Sri Rezeki, Mantan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah dan mantan Wakil Gubernur Sultan B Najamudin. Terlihat juga bupati dan walikota se Bengkulu, terlihat hadir dalam resepsi pernikahan yang dimulai pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB itu.

RM menambahkan semua semua undangan diperlakukan dengan cara yang sama. Meskipun untuk tamu pejabat negara dan takoh nasional disediakan tempat VIP. “Pada intinya kita perlakukan dengan cara yang sama. Menyantap hidangan yang disediakan dan berfoto bersama pengantin,” tambahnya.

Mantan Ketua MK, Muhfud MD berharap kedua anaknya yang telah menjalankan pernikahan itu dapat meniru jejak langkah Ridwan Mukti sebagai ayahnya. Sehingga perjuangan yang dilakukan, mendapatkan regenerasi yang hadal. “Saya berdoa, mudah-mudahan Rika dan Adi menjadi keluarga yang sakinah dan selalu mendapatkan berkah rezeki,” tambahnya.

Tak hanya kemeriahan tamu undangan yang hadir, resepsi pernikahan itu juga dihibur oleh artis papan atas Krisdayanti. Dimana Krisdayanti menyayikan 10 lagu miliknya. Tamu undangan yang hadir juga diperkenankan untuk menyumbangkan lagu di pesta pernikahan anak gubernur ini. (151).