Resep Berpikir Ala Jokowi dan Ahok

JAKARTA--CEO and Master Trainer of Inspirasi Indonesia The First Licensed Master Trainer, Hingdranata Nikolay, mengatakan bahwa pasangan gubernur, Joko Widodo-Basuki T.Purnama adalah orang yang memiliki ide berpikir di luar kebiasaanya (lateral thinking). Maka tidak heran jika terobosan kerja yang dilakukan Jokowi-Ahok sering mengagetkan banyak pihak.

“Apa yang mereka perbuat, bukan karena lahir dari negeri kayangan. Tapi karena dia berifikirnya beda, itu saja. Saat berfikir beda atau fresh. Otak kita perlu rangsangan yang disebut dopamin untuk mendorong kita berfikir dan bertindak. Itu akan muncul kalau kita melihat ada sesuatu yang baru,” kata motivator yang biasa dipanggil Hing itu di Jakarta, Jumat (23/11).

Menurut Hing, hanya butuh satu orang berbeda untuk membuat hal yang luar biasa. Ia menambahkan, semua orang bisa belajar kreatif seperti yang dilakukan oleh Jokowi-Ahok.

Hing membeberkan cara berpikir kreatif seperti orang nomor satu di Jakarta. Caranya, ujar Hing, sangat mudah. Kunci utamanya hanya kemauan untuk berpikir. “Kuncinya adalah mau mikir, kalau tidak mau berpikir mau dikasih ilmu apapun percuma,” ujarnya.

Cara selanjutnya adalah mencari ide. Hing mengatakan ada empat hal yang bisa dilakukan untuk mencari ide. “Pertama copy atau meniru, kedua, tunggu inspirasi, ketiga brand forming yang kadang membuat kacau di organisasi dan keempat lateral thinking,” pungkasnya. (dil/jpnn)