Resahkan Warga, 2 ODGJ Dievakuasi

SAMBANGI: Plt Kadis Sosial saat menyambangi warga yang mengalami gangguan jiwa di Desa Batu Ampar, Kedurang, Kamis (29/7).

KEDURANG, bengkuluekspress.com – Dinas Sosial Bengkulu Selatan (BS) terus berupaya untuk membebaskan warga BS dari orang gangguan jiwa. Terbaru, dinas sosial BS mengevakuasi dua warga BS yang mengalami gangguan jiwa.

“Ada dua orang gangguan jiwa yang kami evakuasi saat ini,” kata Plt Kepala Dinas Sosial BS, Didi Ruslan MSi.

Dikatakan Didi, kedua orang yang dievakuasi tersebut, semuanya laki-laki. Mereka ini warga Desa Batu Ampar dan Desa Durian Sebatang Kecamatan Kedurang. Diketahuinya ada orang gangguan jiwa ini, sambung Didi berdasarkan pantauan petugasnya yang ada di lapangan seperti Fasilitator, TKSK dan Tenaga PKH. Kemudian pihaknya mendatangi dan mengevakuasinya ke rumah sakit jiwa dan ketergantungan obat (RSJKO) Bengkulu. Kedua orang tersebut dievakuasi karena meresahkan warga. Sehingga diharapkan setelah diobati di RSJKO Bengkulu mereka bisa sembuh kembali.

“Mereka ini sering berkeliaran di desa dengan memperlihatkan kemaluannya kepada warga terutama kaum perempuan, juga suka membakar barang – barang masyarakat yang ada di sekitar rumah hingga membuat masyarakat ketakutan,”. ujarnya.

Dijelaskan Didi, sebelum dievakuasi, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit mengenai ruangan,Kartu BPJS,dan persetujuan dari pihak keluarga. Hal itu dimaksudkan, agar saat dikirim ke RSJKO, orang gangguan jiwa ini dapat dirawat dengan maksimal.

“Semoga setelah dievakuasi nanti mereka bisa sembuh dan seperti orang normal dan sehat kembali,” hadap Didi. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*