Replanting Perkebunan dan Revitaliasasi Lahan Jadi Fokus Pemprov Bengkulu di 2021

Foto Hendrik/BE – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah saat Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 bersama Presiden Joko Widodo secara daring, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (11/1).

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam upaya memajukan pembangunan disektor pertanian akan fokus pada dua program unggulan yakni replanting perkebunan kelapa sawit dan revitalisasi lahan persawanan.

Hal itu ditegaskan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah saat Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 bersama Presiden Joko Widodo secara daring, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (11/1).

“Pada tahun 2021 ini ada dua program unggulan yang difokuskan untuk peningkatan produktivitas pertanian di Bumi Rafflesia,” kata Rohidin, Senin (11/1).

Rohidin mengatakan, pihaknya akan melanjutkan replanting perkebunan sawit yang sudah dilaksanakan sejak tahun sebelumnya dan merevitalisasi lahan persawahan yang tersebar di beberapa kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.

“Replanting kebun sawit ini telah berhasil diterapkan Kabupaten Seluma dan Bengkulu Utara pada tahun lalu. Maka pada tahun ini kita akan lanjutkan kembali,” ungkapnya.

Karena, lanjut Rohidin, program replanting tidak hanya fokus soal pembiibitan saja, namun pendampingan manajemen pertanian juga diberikan pada para petani. Sedangkan program revitalisasi lahan persawahan merupakan salah satu upaya Pemda Provinsi Bengkulu mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam kesempatannya mengingatkan jajarannya untuk hati-hati dalam 0pengolaan pangan. Karena yang berkaitan dengan pangan itu betul-betul harus dilakukan dengan serius.

“Maka pembangunan pertanian harus betul-betul kita seriusi secara detail, terutama yang berkaitan dengan komoditas pertanian seperti kedelai, jagung, gula, bawang putih, ataupun beras semuanya harus hati-hati,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*