Replanting Desa RGM 1 Mulai Tanam

Program replanting yang sudah siap tanam di RGM 1.

SEMIDANG ALAS, bengkuluekspress.com – Program kerja replanting sawit tahun 2021 sudah mulai bergulir. Terbaru adalah replanting di Desa Renah Gajah Mati (RGM) 1 dengan luasan 61,4 Hektar untuk anggota kelompok 29 orang serta selangkah lagi dalam penanaman.

“Posisinya sudah tumpang ciping dan sudah mulai persiapan untuk menanam kembali oleh kelompok Renah Agro dengan anggotanya,” sampai Plt Kepala Dinas Pertanian, Arian Sosial MSi kepada wartawan.

Arian menerangkan, jika setiap hektarnya dihargai sebesar Rp 30 juta. Mulai dari penimbangan hingga perawatan sesudah penanaman, seluruh kebutuhan juga termasuk. Untuk program ini jelas akan dimasukkan ke rekening masing-masing kelompok.

“Sedikitnya uang sudah beredar sebesar Rp 1,8 M di RGM 1 dan sekitarnya sudah merasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Ditambahkan Arian, sedikitnya sudah ada tiga kelompok lagi tengah mengusulkan untuk ikut serta dalam program replanting ini. Hanya saja usulan masih dalam pembahasan dan survey ke desa desa seperti Pada kelompok di desa Kembang Mumpo. Kelompok di Desa Talang Saling dan dan kelompok di Kelurahan Dermayu.

“Untuk proposal ini masih tahap penyeleksian lebih lanjut dan melengkapi syarat dari kelompok,” sampainya.

Sedangkan pada empat kelompok seperti pada Desa Pasar Seluma, Bukit Peninjauan 1 (BP1), Sumber Arum, Sukasari dan Ulu Talo sudah mendapatkan rekomendasi dari kementrian dan selangkah lagi akan dilaksanakan.

“Ini yang sebelumnya mengusulkan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari kementerian, tinggal implementasi saja lagi,” pungkasnya. (333)