Renovasi Eks DPRD untuk RS Kota

renovasi 2RATU SAMBAN, BE – Rencana Pemerintah Kota untuk membangun rumah sakit terus digalakkan.   Untuk merealisasikan itu, saat ini  eks gedung DPRD kota dalam proses renovasi, beberapa ruang telah di bongkar.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, drg Edriwan Msnyur MM  membenarkan renovasi gedung eks DPRD kota itu, sejak Senin lalu. “Ini bentuk keseriusan kita untuk mewujudkan rumah sakit Kota Bengkulu,” katanya.
Dijelaskan drg Edriwan, pemerintah kota di tahun 2013 ini, telah menganggarkan Rp 1 miliar untuk proses renovasi, izin lokasi baik tingkat kota hingga pusat serta pengadaan alat.
“Diharapkan setelah renovasi gedung selesai, lelang alat kesehatan akan segera dilakukan,” tegasnya.
Register rumah sakit kota telah dilakukan yakni dengan standar pelayanan tipe D, dimana hanya menyediakan 50 sarana tempat tidur.  Namun standar pelayanan rumah sakit telah disiapkan yakni pelayanan umum, spesialis anak, THT dan lain-lain.   Pendirian rumah sakit kota juga akan didukung dengan sumber daya manusianya, nah dalam waktu dekat yakni bulan Juni, kita akan melakukan seleksi terhadap dokter pegawai tidak tetap (PTT) daerah sebanyak empat orang, serta akan menyeleksi perawat dan bidan di Puskesmas untuk ditugaskan di rumah sakit kota.  “Gaji mereka ini akan dibayar dan akan diusulkan dalam APBD,” bebernya.
Disingung mengenai limbah rumah sakit atau dikenal IPAL, Edriwan mengaku telah menyerahkan persoalan ini ke Badan Lingkungan Hidup.  Agar limbah tidak mengenai masyarakat sekitar, rumah sakit kota telah mennyiapkan tanker IPAL sehingga air limbah yang dikeluarkan aman dan bisa untuk dikonsumsi.  “Dalam satu pekan ini alat IPAL kita sudah tiba dan akan segera dipasang,” kata Edriwan seraya menambahkan soal IPAL masyarakat kota tidak perlu khawatir. (247)