Rencana Pemkot Programkan Sidang Pernikahan Digelar di Alun-alun Berendo

FOTO IST / Pengadilan Agama (PA) Bengkulu Kelas IA saat bersilahturahmi dan mengajukan kerjasama dengan pihak Pemkot Bengkulu terkait rencana kegiatan program sidang isbat nikah bagi warga Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pengadilan Agama (PA) Bengkulu Kelas IA mengajukan kerjasama dengan pihak Pemkot Bengkulu terkait rencana kegiatan program sidang isbat nikah bagi warga Kota Bengkulu. Kunjungan tersebut disambut Pemerintah Kota (Pemkot) pada Jumat (22/1), di Balai Kota Bengkulu.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan pihak pemkot Bengkulu tentu setuju dan mendukung terkait rencana program sidang isbat nikah bagi warga Kota Bengkulu tersebut. Rencananya program sidang isbat tersebut akan digelar pada tahun ini dan akan direkomendasikan pelaksanaannya yang digelar di Alun-alun Berendo Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu.

“Nanti sosialisasi program ini ke masyarakat akan kita kencangkan, untuk pelaksanaannya bisa dilakukan di alun-alun At-Taqwa saja. Insya Allah tahun 2021 ini akan kita buat programnya. Untuk masyarakat kota Bengkulu ayo kita sukses program ini sehingga setiap orang yang menikah memiliki keabsahan dalam bentuk surat. Soal teknis tentu dari pengadilan agama yang memiliki kemampuan melakukan sidang isbat, tapi dari pemerintah kita akan mendukung sebanyak-banyaknya sampai nanti tidak ada lagi warga yang sudah menikah namun tidak memiliki surat,” ungkap Helmi.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Kelas IA, Drs Husniadi mengantakan program sidang isbat tersebut direncanakan melibatkan pemerintah kota, Kementrian Agama, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dikcapil) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang telah melakukan pernikahan sah namun tidak tercatat.

“Target dalam program isbat ini tergantung dengan yang sempat didata oleh instansi terkait terutama Pemkot, Kemenag dan Dukcapil. Nanti mereka akan berkomunikasi kepada masyarakat yang membutuhkan untuk disahkan pernikahan. Kita selaku Pengadilan Agama akan melayani dengan melaksanakan sidangnya,” jelasnya. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*