Relawan Nusantara Kampanyekan Jumat Menabung

Rosdiana Porwanti/BE
Terlihat salah satu anggota relawan nusantara sedang memberikan rejeki kepada org yg membutuhkan

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Relawan nusantara sarana bagi seluruh kalangan untuk membentuk pribadi yang tangguh, kreatif, inovatif dan berjiwa sosial tinggi, untuk dapat berbagi kemanfaatan potensi diri di dalam masyarakat. Relawan nusantara mempunyai satu kegiatan yang gencar dikampanyekan, yaitu Jumat menabung dengan menebar nasi bungkus bagi orang yang membutuhkan. Koordinator Relawan Nusantara, Rinda Rusniati saat diwawancarai BE (29/1) menuturkan, kegiatan Jumat menabung kegiatan berbagi kebahagiaan dengan cara membagikan nasi bungkus, untuk wilayah yang difokuskan di Kota Bengkulu.Sasaran penerimanya pencari barang bekas, penjual asongan, tukang parkir, pengamen, petugas kebersihan.

Dijelaskan Rinda, Sebelum kegiatan Jumat menabung biasanya relawan Nusantara Bengkulu melakukan open donasi bagi yang ingin memberikan sedikit rezeki. Bisa berupa paket makanan, air mineral, nasi bungkus. Jika donasi berupa uang akan diolah untuk membeli bahan makanan seperti beras, sayur mayur, bumbu, dan lainnya untuk dimasak yang nantinya akan disalurkan berupa nasi bungkus

Setiap hari pelaksanaan Jumat menabung, anggota Relawa Nusantara berkumpul di Sekretariat yang beralamat di Jalan Raya Korpri, Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Kemudian, setiap anggota dibagi titik berbeda untuk menyalurkan nasi bungkus tersebut. Apabila anggota Relawan Nusantara kebetulan bertemu dengan orang yang membutuhkan nasi bungkus itu mereka langsung memberinya. Adapun daerah yang telah tersentuh tangan para relawan nusantara seperti daerah simpang lima ratu samban,Simpang Skip, Kebun Tebeng, Panorama, Pantai Panjang, Suprapto, KM 8, Simpang 4 SLB, Balai Buntar dan Padang Harapan .

Selain kegiatan Jumat menabung, telah banyak kegiatan lain yang telah dilakukan para Relawan Nusantara, diantaranya bantuan untuk korban kebakaran di Desa Batu Beriang, Sekayun, Pematang 3 daerah Bengkulu Tengah, membantu menanggulangi Karhutla di Jambi, dan juga aksi banjir dan tanah longsor yang menimpa bengkulu tahun 2019, dan masih banyak lagi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Relawan Nusantara.

Relawan nusantara berdiri di Bengkulu 16 maret 2019, Relawan nusantara juga mempunyai instansi yang bernama Rumah Zakat Action yang berpusat di Bandung. Latar beakang didirikannya relawan nusantara Bengkulu ini Kondisi geografis Bengkulu yang rawan sekali terkena bencana. Dimaksudkan bila sewaktu-waktu terjadi bencana masyarakat Bengkulu bisa cepat mendapat bantuan.

Sekretariat Relawan Nusantara beralamat di Jalan Raya Korpri, Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. dan sekarang ini ada sekitaran 80 orang yang telah bergabung di relawan nusantara. Untuk kedepannya Relawan Nusantara mengadakan program Siaga sehat, tetapi mereka untuk sekarang ini masih kurang SDM (Sumber daya manusia). Mengingat program ini membutuhkan dokter, perawat dan bidan untuk membantu saat terjadi bencana. ”Relawan nusantara Bengkulu punya jargon Tetap semangat bahagiakan umat, Allahu Akbar” tutupnya (mg12)