Relawan Dayat-Nata Laporkan Ketua Tim Kampanye Ujang-Daus

Relawan Hidayattullah Sjahid-Zurdi Nata menyampaikan laporan dugaan pelanggaran Pemilu oleh Ketua Tim Pemenangan Ujang Syaripudin-Firdaus Djailani ke Bawaslu Kepahiang.

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Zainal SSos dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang. Zainal yang merupakan Ketua Tim Kampanye Paslon nomor urut 1 Ujang Syaripudin-Firdaus Djailani ini dituding telah melakukan perbuatan ujaran kebencian dan penghasutan kepada masyarakat, dengan menyebarkan informasi bohong saat berkampanye.

Namun hingga berita ini diterbitkan, terlapor belum memberikan konfirmasi. Beberapa kali dihubungi via telepon oleh jurnalis BE Kepahiang, yang bersangkutan tidak mengangkat telepon.

Pantauan BE, pelapor, Gusti Imansyah bersama kuasa hukumnya Dede Frastien SH mendatangi kantor Bawaslu Kepahiang Kamis (19/11) sekitar pukul 13.00 WIB dengan menyerahkan barang bukti berupa video rekaman kampanye berdurasi 1 menit 31 detik. Ia menilai ucapan-ucapan Zainal dalam video tersebut mengandung informasi menyesatkan. Perbuatan terlapor ditenggarai terkait dengan kontestasi Pilkada 9 Desember 2020.

“Dasar saya melaporkan ini, karena saya menginginkan Pemilu di Kepahiang ini sangat damai, sejuk sehingga nantinya menghasilkan pemimpin yang baik,” ujar Gusti Imansyah, Kamis (19/11).

Gusti mengatakan perbuatan terlapor sudah merendahkan, mencemarkan nama baik Paslon Nomor urut 2 Hidayattullah Sjahid – Zurdi Nata. Pelecehan secara verbal dengan menyebarkan ucapan-ucapan buruk mengandung kebencian terhadap calon lain sangat merugikan jagoannya, terlebih akhir-akhir ini sudah sangat banyak ujaran kebencian yang beredar. Ironisnya ucapan itu disebarkan secara luas melalui jejaring sosial atau media sosial (Medsos) diantaranya lewat group Whatshapp. Jika tidak ditindak, maka perbuatan curang tersebut akan berdampak buruk pada kualitas demokrasi di Kabupaten Kepahiang.

“Kekerasan-kekerasan secara verbal sudah samakin parah diterima kedua pihak tim. Jadi pelaporan saya ini bertujuan agar memberikan contoh kepada para politisi dan tokoh-tokoh politik di Kabupaten Kepahiang supaya tahu apa itu berkampanye sopan agar Pilkada di Kepahiang berjalan damai,” tuturnya.

Pantauan di lokasi, ketika melapor, Gusti Imansyah dan rekan-rekan diterima oleh tiga staf Bawaslu Kepahiang bidang pelaporan. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*