Rela Datang Tengah Malam, Demi Nomor Antre Ngambil Dana BPUM

RAMAI: Warga ramai mengantre pengambilan dana BPUM di BRI Cabang Manna, Jum’at (16/4).

bengkuluekspress.com – Mulai Senin (12/4), Bank Rakyat Indonesia (BRI) lebih ramai dari biasanya. Pasalnya BRI sudah menyalurkan dana bantuan Usaha yakni Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Untuk Usaha Menengah (BPUM) atau bantuan langsung tunai (BLT) kepada pelaku UMKM di Bengkulu Selatan (BS) untuk tahun 2021. Seperti halnya di BRI Cabang Manna di jalan dua jalur Jalan Sudirman, sepanjang hari warga selalu ramai. Bahkan ada yang nekat datang malam hari demi mendapatkan nomor antrean pengambilan dana bantuan yang besarannya Rp 1,2 juta per kepala keluarga (KK)

ASRIANTO – Bengkulu Selatan

Jam Kerja BRI Cabang Manna mulai buka biasanya mulai pukul 08:00 WIB. Hanya saja dalam satu minggu ini warga sudah ramai datang sebelum petugas BRI datang. Mereka rela menunggu lama agar bisa mendapatkan nomor antrean lebih awal pengambilan dana BPUM tersebut.

“Kalau saya pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB datang ke sini (BRI red), namun tadi ada ibu-ibu mengaku datang tengah malam,” kata seorang ibu yang ditemui sedang berada di kompleks BRI Cabang Manna, Jum’at (16/4).

Lidia, ibu lainnya menambahkan, terkadang meskipun dari pagi sudah sampai ke BRI, nomor antrean untuk hari tersebut sudah habis. Sehingga dirinya meminta nomor antrean untuk hari besoknya. Seperti dirinya yang datang ke BRI Cabang Manna agak kesiangan. Nomor antre untuk pengambilan Jum’at sudah habis. Sehingga dirinya dapat nomor antre untuk pengambilan jadwal Sabtu (17/4).

“Saya tidak dapat nomor antre untuk hari Jum’at, tapi saya ambil untuk Sabtu, sehingga ketika saya datang Sabtu saya langsung antri nunggu giliran dipanggil,” ujarnya.

Pimpinan BRI Cabang Manna, Rico Ardiansyah S mengakui jika dalam satu minggu ini kunjungan ke BRI Cabang Manna membludak. Pasalnya minggu ini mulai penyaluran dana BPUM. Sehingga warga ingin segera mencairkannya. Mereka beralasan saat ini bertepatan bulan puasa. Dengan begitu dana tersebut akan digunakan untuk membeli keperluan di bulan Ramadhan. Dirinya membenarkan demi cepat mendapatkan dana BPUM, ada warga yang rela datang ke BRI tengah malam. Sehingga Satpam hang bertugas jaga malam memberikan pengertian agar pulang terlebih dahulu. Sebab pelayanan buka besok pagi.

“Warga yang datang tengah malam, setelah disuruh pulang, rupanya sebelum sahur sudah datang lagi dan rela menunggu petugas membagikan nomor antri,” ujarnya.

Dengan adanya kenekatan warga yang rela datang tengah malam ke BRI untuk mendapatkan nomor antrean, Rico mengaku Sabtu (17/4) BRI Cabang Manna tetap buka memberikan pelayanan penyaluran dana BPUM. Sehingga warga yang datang hari Jum’at, namun tidak bisa mendapatkan nomor antrean lantaran kuota perhari melayani hanya 200 orang sudah terpenuhi, maka agar warga tidak kecewa, pihaknya memberikan nomor antre pada warga yang datang hari Jum’at. Dengan begitu, mereka akan dilayani pada hari Sabtu (17/4).

“Sabtu (17/4) BRI tetap buka, tapi khusus melayani penyaluran dana BPUM, yang nomor antreannya sudah kami berikan sejak hari Jum’at (16/4),” terang Rico. (***)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*