Rel Kereta Api di Bengkulu Penting

054337_259659_Kereta_api_d
Foto : IST

Pemerintah Harus Kaji Ulang

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Pusat harus mengkaji ulang terkait dicoretnya rencana pembangunan rel kereta api dari Muara Enim-Kota Bengkulu dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Pasalnya pencoretan PSN rel kereta api dinilai sangat tidak tepat karena potensi perekonomian di Bengkulu sangat besar mengingat banyaknya hasil bumi seperti pertambangan dan perkebunan yang saat ini dirasa belum begitu maksimal.

“Kita sesalkan memang PSN rel kereta api dicoret, karena saya mengikuti prosesnya sejak awal ketika Provinsi Bengkulu ini dipimpin Agusrin M Najamudin,” ujar Anggota DPD RI, H Ahmad Kanedi SH, kemarin (9/8)

Pentingnya rel kereta api tersebut sangat mendukung keberadaan untuk Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu agar mampu mengoptimalkan perannya. Ditambah lagi dikawasan Pelabuhan Pulau Baai akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). “Oleh karena itu kajian demikian harus diperjuangkan lagi oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Sehingga rencana pembangunan jalur rel kereta api itu bisa ditawarkan kepada pihak investor,” kata Kanedi.

Pihaknya berharap dengan adanya rel kereta api di Bengkulu, bisa menjadi poros kemajuan daerah. Bahkan jika hal tersebut terwujud, perkembangan KEK akan lebih cepat lagi kedepannya. “Dengan kondisi itu, kita jangan mudah putus asa dan terus berjuang di pusat. Jika perjuangan selama ini belum maksimal, mulai dari sekarang kita tunjukan Bengkulu harus bisa berkembang,” tutupnya.



Pakar Ekonomi Bengkulu, Dr Ahmad Badawi Saluy mengaku, cukup kecewa dengan dihapusnya rencana pembangunan rel kereta api dalam PSN. Hal ini tentu akan membuat ekonomi provinsi Bengkulu stagnan, bahkan dinilai tidak akan berkembang. “Banyak provinsi di Sumatera yang dilalui rel kereta api dan mampu berkembang seperti Padang, Palembang dan Lampung,” kata Ahmad.

Jika pemerintah pusat tidak memikirkan kemajuan Provinsi Bengkulu maka sampai kapanpun daerah hanya akan memberikan kontribusi sedikit untuk kemajuan Indonesia. Selama ini daerah memiliki peranan penting untuk kemajuan suatu negara, Jika daerah tidak maju maka negarapun akan lambat untuk bergerak maju.

“Ada korelasi antara keduanya, Pemerintah Pusat harus mengkajinya lagi, karena banyak perubahan yang akan dirasakan jika Bengkulu memiliki rel kereta api,” ujar Ahmad.

Beberapa perubahan yang akan dirasakan oleh Bengkulu diantaranya akses pengiriman barang yang lebih mudah. Selain itu mampu menekan inflasi yang disebabkan oleh meningkatnya tarif angkutan udara. “Kalau pemerintah memikirkan itu semua maka ekonomi Bengkulu akan semakin tumbuh dan menjadi provinsi yang maju,” tutupnya.(999)