Rektor Unihaz Lepas Peserta Kukerta Periode Ke-30

ani/Bengkulu Ekspress Rektor Unihaz Bengkulu Dr Ir Yulfiperius, MSi saat menyampaikan sambutan dan arahan pada Kegiatan Pelepasan Kukerta Periode Ke 30 Unihaz Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Rektor Universitas Prof Dr Hazairin, SH (Unihaz) Bengkulu Dr. Ir. Yulfiperius, MSi melepas mahasiswa peserta kuliah Kerja Nyata (Kukerta) periode ke-30. Pada Kukerta kali ini Mahasiswa akan ditempatkan pada 13 Kecamatan, di 40 Desa dan 6 kabupaten. Kukerta tahun 2019 ini dilepas secara langsung oleh Rektor Unihaz, Selasa (02/7) di lapangan Kampus Unihaz Bengkulu.

“Merupakan Kukerta Peiode ke 30 yang kita selenggarakan. Kita melepas kurang lebih 184 Mahasiswa yang akan disebar di 13 Kecamatan dan 6 Kabupaten. Kukerta juga merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Unihaz Bengkulu yang diselenggarakan oleh Universitas,” Kata Rektor Unihaz Bengkulu Dr Ir Yulfiperius, MSi.

Yulfiperius mengatakan, bahwa seluruh mahasiswa Kukerta harus benar-benar mengaplikasikan ilmu, skill, dan kemampuan yang di dapat selama kuliah untuk berinteraksi dengan masyarakat. “Bisa juga menjadi seorang motivator dalam menggerakkan sumber daya manusia yang ada disana,” ungkapnya.

Pada Kukerta ini kita mengajarkan bagaimana mahasiswa dapat bersosialisasi ditengah-tengah masyarakat. Karena setelah kuliah nanti akan terjun langsung ditengah-tengah masyarakat. “Dimana Bumi di pijak disitu langit di junjung” katanya, dalam artian dimana kita ditempatkan harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat setempat bukan malah masyarakat yang menyesuaikan diri kepada kita. “Agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak ada kecemburuan sosial,” Kata Rektor Unihaz.

Lebih lanjut Rektor Unihaz mengimbau kepada para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta untuk mengarahkan mahasiswa agar mereka bisa bekerja dengan baik. “Dan setelah meraka pelaksanaan Kukerta mereka bisa mendapatkan life skill tambahan untuk mereka pergunakan pada saat mereka terjun di dalam kehidupan masyarakat yang sesungguhnya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua LPPM Unihaz Bengkulu, Dr. Dodo Sutardi, M.Pd mengatakan kegiatan Kukerta merupakan wujud kepedulian Unihaz Bengkulu untuk berpartisipasi kepada masyarakat. Disamping itu Kukerta merupakan tugas pokok dalam melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu laksanakan dan ikutilah kegiatan ini sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang baik dan ilmunya bisa diterapkan setelah pulang nanti. “Terkhusus diri pribadi dan untuk orang lain,” Ucapnya. (Cik8).