Rekrut 1 Desa, 1 Perawat

Siswanto S Sos MSi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas kesehatan Bengkulu Selatan (BS),Siswanto S Sos MSi mengatakan, tahun ini direncanakan perekrutan 1 perawat 1 desa, akan dilaksanakan.

Namun sebelum perekrutan dimulai, pihaknya akan menggelar memorandum of understanding (MoU) dengan semua kepala desa (Kades) di BS. “Untuk perekrutan 1 perawat 1 desa ini, kami akan lakukan MoU dengan Kades,” katanya.

Dikatakan Siswanto MoU dengan semua kades tersebut sangat penting. Pasalnya nanti untuk penggajian atau honorer mereka akan dimasukan dalam dana desa (DD), sehingga semua desa dalam membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dapat memasukan dana untuk honorer perawat desa tersebut.

“Dengan MoU nanti agar jelas honorer yang akan diterima para perawat desa tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Siswanto. Keberadaan Perawat desa ini sangat diharapkan warga, agar pelayanan kesehatan semakin maksimal. Sebab dengan adanya perawat desa ini, mereka akan tinggal di dedsa tersebut.

Dengan begitu, ketika ada warga desa yang sakit, mereka dapat segera mengetahuinya dan bisa langsung memberikan pertolongan pertama.

“Dengan adanya perawat di satu desa satu orang, insya allah pelayanan kesehatan di BS semakin bagus,” imbuhnya.

Adapun waktu perekrutan perawat desa ini, sambung Siswanto setelah adanya kepastian anggaran honorer bagi perawat dimasukan pada APBDes.

Mereka yang nantikan dapat diangkat menjadi perawat desa yakni pendidikan minimal D3 keperawatan, memiliki surat tanda registrasi (STR), tinggal di desa tersebut dengan dibuktikan KTP El atau minimal berada dalam Kecamatan tersebut.

Sehingga ketika ada yang sakit, mereka dapat langsung mengetahuinya. “Kalau anggaran untuk bidan desa sudah masuk pada APBDes masing-masing desa, maka perawat desa langsung kita rekrut,”demikian Siswanto. (369)