Rekomendasi TKPRD Bikin Bingung

Foto : Kepala Dispusip Benteng, Dra Hj N Yuhannah MM

TALANG EMPAT, Bengkulu Ekspress – Rekomendasi Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Benteng tentang alih status lahan rumah dinas Camat Talang Empat menjadi lahan pembangunan gedung layanan perpustakaan belum bisa ditindaklanjuti.

Kabid Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng, Hendri Bella mengungkapkan, rekomendasi yang diberikan oleh TKPRD masih membingungkan dan belum memberikan penegasan. Pada surat rekomendasi, kata Hendri, Pj Sekda Benteng yang merupakan Ketua TKPRD telah memerintahkan agar mengeluarkan surat pengalihan status lahan rumah dinas Camat menjadi gedung layanan perpustakaan dengan syarat sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku.



“Mempedomani Perda RTRW Kabupaten Benteng, pelayanan yang sifatnya berskala kabupaten harus berada di wilayah Kecamatan Karang Tinggi yang merupakan ibukota kabupaten. Mempertimbangkan hal itu, kami belum bisa menertbitkan surat alih status lahan,” jelas Hendri.

Karena itu, Hendri mengaku belum bisa mengeluarkan surat alih status dan akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Benteng. “Jika memang nantinya tak menyalahi, kami tentu saja akan mengeluarkan surat penghapusan lahan rumah dinas Camat Talang Empat dan mengalihkannya menjadi gedung pelayanan perpustakaan.

Dalam waktu dekat, kami akan mengajak perwakilan dari Dinas Perpustakaan untuk berkoordinasi secara langsung ke Dinas PUPR Kabupaten Benteng,” tandasnya.  Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Kabupaten Benteng, Dra Hj N Yuhannah MM menegaskan bahwa status lahan merupakan syarat utama agar Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersedia menggelontorkan dana untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan. “Jika masih lahan rumah dinas Camat, Pemerintah Pusat tentunya tak bersedia memberikan suntikan dana,” tandasnya.(135)