Rekomendasi Street Food di Jogja yang Enak dan Murah

Yogyakarta,bengkuluekspress.com – Berlibur ke Yogyakarta memang menyenangkan. Selain banyaknya kawasan wisata. Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai sajian makanan spesial. Ada banyak tempat makan pinggir jalan atau street food yang menghadirkan menu tradisional yang membuat Anda seperti kembali ke masa lalu.

Dari segi cita rasanya memang tidak mengecewakan. Harganya pun sangat ramah dikantong. Sehingga, tidak ada alasan untuk melewatkan kesempatan mencicipi seluruh kuliner yang sudah disediakan di Yogyakarta. Hanya saja, bagi Anda pecinta pedas, makanan disini memang kurang nikmat. Karena, rasanya di dominasi dengan manis.

Pilihan Street Food Enak dan Murah di Yogyakarta

Perlu diakui, jajanan street food sekarang banyak diminati. Baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Seperti juga halnya saat berkunjung ke Yogyakarta merupakan kesempatan untuk menikmati tempat makan sederhana, dengan nuansa interior klasik khas Kota Gudeg. Berikut pilihan tempat makan yang bisa Anda kunjungi.

1.      SGPC Bu Wiryo

Tempat makan yang pertama yang bisa Anda kunjungi adalah SGPC Bu Wiryo. Konon makanan ini sudah disajikan sejak tahun 1959. Resepnya merupakan resep turun temurun yang tidak pernah berubah. Sambal kacangnya encer, ditumbuk setengah kasar.

Ada beberapa pilihan lauk yang bisa Anda pilih. Mulai dari tempe, telur ceplok, sate usus dan masih banyak lagi. Menunya pun sekarang beragam tidak hanya pecel saja, namun ada juga Sop Daging Sayur Bayam. Tempat makan ini berada di daerah Klebengan dengan harga per porsinya mulai dari Rp19.000.

2.      Gudeg Pawon dan Mangut Lele Mbah Marto

Street Food Yogyakarta berada di daerah Sewon. Menjadi kuliner legendaris yang wajib Anda coba. Dua menu favorit Gudeg dan Mangut lele yang sangat enak. Sajian lelenya gurih pedas yang membuat nafsu makan semakin bertambah. Sementara, lelenya sendiri punya dua cara masak yaitu diasap atau digoreng.

Gudegnya sendiri juga tidak kalah nikmat. Manis dan gurih terasa di lidah. Untuk satu porsi mangut lele dan Gudegnya dijual dengan harga sekitar Rp25.000 saja. Selain mangut lele, Anda juga bisa tambah lauk dengan telur opor atau telur gudeg yang akan semakin nikmat bila ada es teh sebagai minumannya.

3.      Sate Klathak Pak Pong

Jajanan Jogja Unik ini adalah sate, tetapi bukan sembarang sate. Karena, biasanya dagingnya ditusuk dengan kayu, kalau ini dengan jeruji besi sepeda. Biasanya disajikan dengan kuah gulai yang manis dan gurihnya sangat terasa. Dengan harga sekitar Rp20.000, tidak heran bila banyak yang datang ke tempat ini di Bantul, untuk mencicipinya.

4.      Warung Kopi Klotok

Sajian terakhir saat di Yogyakarta adalah Warung Kopi Klotok yang berada di Jl. Kaliurang. Tempat makan ini bernuansa sederhana di sekitar sawah dan dapat dinikmati hidangannya di dalam gubuk. Menu makanannya adalah masakan desa seperti lodeh, sayur asem, dengan lauk telur, tempe dan tahu. Harga per porsinya Rp10.000.

Jika Anda ingin mencari restoran yang dekat dengan lokasi Anda, bisa gunakan fitur Traveloka Eats untuk mencari tempat makan di sekitar anda di website Traveloka. Temukan berbagai rekomendasi restoran terbaik di dekat Anda! Jadi, sudah siap menjelajah rasa di berbagai sudut kota Yogyakarta? (rls)